blank
Kondisi Gedung Perpustakaan Daerah(Perpusda) Kabupaten Kendal yang berada di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal.(FOTO:SB/Sapawi)

KENDAL(SUARABARU.ID)-Pembangunan Gedung Perpustakaan Daerah(Perpusda) Kabupaten Kendal yang berada di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal, kini sudah masuk tahap pengecoran lantai dua.

Hal itu disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, S.STP., Senin (06/09/2021).

Menurut Achmad Ircham, gedung lantai dua ini berdiri di atas lahan seluas 4.606 meter persegi ini, sekarang sudah masuk pada tahap pengecoran lantai dua dan lebih cepat dari pada apa yang ditargetkan sebelumnya.

Menurutnya pembangunan akan selesai pada Desember 2021. Namun harapannya pada akhir November sudah dapat diselesaikan, sehingga di tahun 2022 gedung sudah dapat ditempati.

“Gedung ini nantinya akan ditempati pada tahun 2022. Baik gedung lantai satu dan dua akan dipakai secara bersamaan, sehingga saat masyarakat berkunjung, tidak berdesakan- desakan,” kata Achmad Ircham.

Achmad Ircham mengaku, untuk jumlah buku yang dimiliki oleh Dinarpusda Kendal sebanyak 37. 412 eksemplar, meliputi semua kategori.

Sedangkan, jumlah Perpustakaan Desa di Kabupaten Kendal sebanyak 42 eksemplar, dan yang sudah inklusi dioperasikan untuk masyarakat sebanyak 11 eksemplar.

Untuk itu, pihaknya akan menghubungkan Perpusdes dengan Perpusda melalui satu aplikasi, sehingga masyarakat akan lebih mudah dalam mencari letak buku yang diperlukan.

“Program Perpustakaan Keliling dan Program Sharing Buku tetap masih berjalan. Bagi masyarakat atau perusahan-perusahan yang ingin mendonasikan bukunya, bisa langsung datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kendal,”ujarnya.

Saat ini, jumlah anggota pengunjung Perpusda Kabupaten Kendal sebanyak 3281 orang. Sapawi