Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, dan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, nobar film karya Komunitas Inakriya Kendal, Senin (6/9/2021) malam. (doc/ist)

KENDAL (SUARABARU.ID)Film perdana milik komunitas Inakriya (Inkubator Kreasi Seni dan Budaya) Kendal, berjudul “Manuto” menceritakan tentang perjuangan masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah berjuang melawan covid-19.

Film itu disaksikan bersama oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin, dan Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki beserta rombongannya. Di SMK Bina Utama Kendal, Senin 6 September 2021 malam.

Saat nonton bareng, Wakil Gubernur Jateng terlihat sangat asyik dan bangga dengan hasil karya film perdana Inakriya. Ia pun terlihat sangat antusias saat nobar.

Usai nobar, ia mengatakan, hasil karya film Inakriya ini sangat bagus, menarik dan mengispirasi. “Film tersebut mengispirasikan kita untuk berprasangka baik, jangan berburuk sangka, menyelesaikan suatu masalahan harus dengan musyawarah dan tidak boleh dihukum sendiri,” kata Gus Yasin sapaan akrabnya.

Promosi Pariwisata

Film itu, tambahnya, mengandung pesan tentang pentingnya disiplin dalam menaati peraturan pemerintah terkait protokol kesehatan. Menurutnya, kedisiplinan dalam mentaati protokol kesehatan itu kunci utama untuk menuju sukses dalam penanganan covid-19.

“Saya tertarik dengan karya anak-anak muda Inakriya ini, karena dalam film itu juga disisipkan tentang potensi-potensi daerah dan cara-cara penanganan covid-19 serta bagaimana merawat lingkungan yang ramah tamah,” paparnya.

Lebih lanjut Gus Yasin menyampaikan, bahwa dirinya berencana ingin mengajak Inakriya untuk kerja sama dengan pemerintah dalam mempromosikan potensi-potensi wisata daerah di Jateng.

“Saya berharap Inakriya ke depan bisa merangkul SMA, SMK dan anak-anak muda untuk bisa mempromosikan potensi-potensi di daerahnya masing-masing termasuk pariwisata, sehingga potensi daerah atau pariwisata punya daya tarik tersendiri,” terangnya.

“Selain mempromosikan potensi daerah, jika nanti ada program pemerintah kan bisa sosialisasi melalui Inakriya, jika sudah terjalin kerjasama. Saya berharap kedepan Inakriya Kendal bisa lebih kreatif lagi,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua Inakriya Kendal, Ruli Syahputra mengatakan, film perdana Inakriya ini mengangkat tema tentang pariwisata dan penanganan Covid-19 di Kendal.

Film ini mengimplikasikan dan mengedukasi masyarakat khsusnya kaum muda untuk saling menjaga dan mengingatkan satu sama lain dalam menjalankan program pemerintah seperti jogo tonggo atau program vaksinasi,” jelasnya usai nobar bersama Wagub Jateng Taj Yasin di Kendal.

Hery Priyono

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here