Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melantik 46 pejabat eselon III, termasuk 11 lurah.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kembali menata ulang para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Kebumen. Senin (6/9/2021)Bupati melantik 46 ASN sebagai pejabat administrator dan pengawas.

Mereka  para ASN golongan eselon III.a, III.b, IV.a, dan IV.b. Untuk jabatan eselon III  ada jabatan sekretaris dinas atau Sekdin,  kepala bagian (Kabag) dan kepala  bidang (kabid)  serta Sekcam untuk golongan eselon III.b.

Adapun untuk jabatan eselon IV.a dan IV.b banyak diisi oleh jabatan lurah, kepala seksi atau Kasi, dan kepala subgaian atau Kasubag serta sekretaris lurah atau Seklur. Tercatat 11 lurah yang dilantik dan dirotasi. Kemudian 17 Kasi juga ikut dirotasi dan dilantik, beberapa diantaranya Seklur.

Bupati menuturkan,, dalam sebuah pemerintahan rotasi jabatan merupakan hal yang biasa dan dibenarkan secara undang-undang. Menurutnya, ini perlu dilakukan untuk penyegaran organisasi, dan untuk pengembangan karier pegawai.

“Ini merupakan amanah yang harus dijalankan. Rotasi jabatan perlu dilakukan untuk pengembangan karir pegawai juga penyegaran di tubuh organisasi perangkat daerah,” ujar Arif Sugiyanto.

Tidak Ada Titipan dan Tekanan

Bupati memastikan dalam rotasi atau promosi jabatan ini tidak ada satu pun titipan atau tekanan. Semu melalui assessment sesuai dengan kompentensi di bidangnya masing-masing. “Saya pastikan rotasi ini tidak ada namanya titipan atau pun tekanan,”ujar dia .

Bupati mengingatkan, sumpah jabatan yang diucapkan itu harus benar-benar bisa dipertangungjawabkan. Para ASN yang baru dilantik mampu menjalankan tugasnya dengan baik, tidak menyalahgunakan kewenangan, dan mampu berinovasi, tidak bekerja monoton.

“Apalagi di masa pandemi ini, kita dituntut untuk bekerja keras dan bekerja cerdas, tidak monoton, harus berani berinovasi melakukan terobosan yang positif dengan tidak menabrak aturan,” jelas Bupati.

Sebelumnya Bupati telahmelantik  12 pejabat tinggi pratama untuk golongan eselon II yang terdiri dari kepala dinas. Setelah itu Bupati juga kembali merotasi dan melantik 30 pejabat adminstrator  eselon III, di antaranya ada lima camat wanita dan kabag.

Komper Wardopo 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here