blank

SLAWI (SUARABARU.ID) – Anggota Polres Tegal, Aiptu Mulyanto telah berhasil mengelola kebun yang ditanam jambu kristal hingga mengangkat ekonomi warga.

Waktu luang selepas dinas, Mulyanto dimanfaatkan kebun jambu seluas 3 hektar milik Desa Dukuhringin, Kecamatan Slawi, Kabupaten Tegal yang saat ini bernaung dalam Bumdes Wringin Sejahtera.

“Kebun yang dikelola bersama warga dijalankan sejak 2019 lalu,” kata Mulyanto.

Mulyanto menceritakan, awal mula dirinya mempunyai ide untuk memanfaatkan tanah bengkok desa yang sebelumnya disewakan ke orang itu telah dimanfaatkan oleh warga Desa Dukuhringin.

Menekuni berkebun Mulyanto terinspirasi dengan kebijakan Presiden Jokowi agar desa mampu memanfaatkan dan mengelola sumber daya yang ada untuk kemajuan ekonomi desa itu sendiri.

Yang kemudian mulai membudidayakan tanaman buah jenis pepaya california dijalankan. “Dulunya saya sempat bingung bagaimana caranya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan memanfaatkan lahan menjadi produktif,” ujarnya.

Selanjutnya bersama warga dan seijin kepala desa mendirikan Mulyadi Bumdes dengan fokus kerja dibidang perkebunan.

Sebelumnya lahan ditanam pepaya lalu mencoba beralih ke tanaman jambu kristal dan alhasil produknya menjadi komoditas perkebunan yang diterima baik oleh masyarakat. Dengan masa penanaman hanya 6 bulan hasilnya baik.

Hingga saat ini Mulyanto mengaku kualahan menerima order dari pengunjung baik yang datang ke agro wisata wringin sejahtera maupun yang pesan melalui media sosial.

Dalam sehari kebun yang dikelolanya mampu menghasilkan 1 kwintal jambu dengan rasa yang manis dan bentuk tanpa biji. “Dari hasil panen pada tahun pertama kami sudah bisa membantu kas desa sebanyak 45 juta,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolres Tegal AKBP Arie Prasetya Syafa’at mengapresiasi langkah anggotanya dalam membantu masyarakat.

Dikatakan, apapun yang dilakukan selama itu bermanfaat untuk kepentingan masyarakat Polri pasti mendukung.

“Salah satu tugas pokok Polri yang kita laksanakan adalah memberikan pengayoman kepada masyarakat, artinya kita harus turun ke masyarakat berikan edukasi dan himbauan serta ajarkan kemandirian kepada masyarakat adalah harapan bagi bangsa untuk tumbuh dan tangguh terutama dimasa pandemi ini,” tegasnya.

Kapolres berharap kegiatan tersebut memberi manfaat dan tentunya berdampak positif untuk pemulihan ekonomi.

Nino Moebi