SEMARANG– Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM) mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di PKBM Anugrah Bangsa Semarang di Laboratorium Biologi-Mikrobiologi FTP USM beberapa waktu yang lalu.

Tema yang diangkat adalah Pembuatan Minuman Kesehatan Bakteri Asam Laktat Berpotensi Probiotik dari Fermentasi Buah Lokal Bagi Guru.

Hadir dalam kesempatan itu sebagai peserta adalah Bapak dan Ibu Guru yang mewakili jurusan IPA dan mengajar ilmu yang terkait dengannya. Dengan latar belakang tersebut, maka dasar pengetahuan mengenai fermentasi dan probiotik dari peserta baik, dan sangat membantu dalam memahami materi yang disampaikan dalam kegiatan ini.

Acara ini diselenggarakan untuk mensosialisasikan mengenai hubungan kesehatan saluran pencernaan dengan imunitas tubuh yang dibantu oleh peran probiotik, yang salah satunya dapat kita peroleh dengan mengkonsumsi minuman fermentasi yang mengadung bakteri asam laktat yang berpotensi sebagai probiotik.

Dalam acara ini sekaligus diberikan keterampilan tentang konsep dan gagasan dalam menciptakan produk minuman kesehatan hasil fermentasi yang memanfaatkan buah local yang ada di sekitar kita, mudah didapat dan relative murah.

Dalam masa pandemi Covid 19 ini kita harus melindungi diri dari paparan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit dan menurunkan imunitas tubuh. Baik yang belum terpapar virus Covid 19 maupun penyintas yang sudah pulih pun tetap harus menjaga daya tahan tubuh.

Ketidakseimbanan mikroba dalam usus berperan dalam menentukan respon imunitas tubuh. Sehingga pemulihan kembali bakteri menguntungkan dapat meningkatkan imunitas terhadap virus dan mempercepat pemulihan penyakit.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan penyuluhan mengenai Peran Probiotik Dalam Memelihara Kesehatan Dengan Meningkatkan Imunitas Tubuh oleh Antonia Nani Cahyanti, S.Si, M.Si,

Fermentasi Bakteri Asam Laktat Dengan Bahan Buah Local Dan Kombucha Kopi pleh Ir. Adi Sampurno, M.Si, dan Pengemasan Yang Tepat Untuk Produk Minuman Fermentasi oleh Soraya Kusuma Putri, S.TP, M.Sc. Dibantu pula oleh tim dari Laboratorium Biologi-Mikrobiologi FTP untuk praktek sederhana membuat minuman fermentasi.

Peserta mengikuti penjelasan dan praktek dengan baik dan antusias. Secara garis besar peserta memahami tentang peranan bakteri asam laktat dalam fermentasi, dan ciri-ciri minuman hasil fermentasi.

Namun demikian kendala peserta berupa keterbatasan pengetahuan jenis-jenis minuman fermentasi yang dapat dibuat dari buah lokal diatasi dengan adanya praktek sederhana di kegiatan PKM ini, sekaligus merupakan solusi yang efektif sehubungan dengan masih adanya pandemi dengan berbagai pembatasan kegiatan yang diberlakukan.

Keberhasilan pelaksanaan PKM ini salah satunya diperoleh dari testimoni yang hadir sebagai peserta, bahwa materi kegiatan ini akan dipelajari kembali untuk dapat dikembangkan sebagai bahan dalam proses belajar mengajar.

Dengan praktek sederhana diharapkan dapat membantu tercapainya salah satu kompetensi siswa yaitu dapat membuktikan peranan agen biologi(mikroba) dalam membuat produk pangan fermentasi (minuman kesehatan) sebagai salah satu produk bioteknologi konvensional.

Saiful Hadi – USM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here