Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono menjelaskan rencana membangun 500 unit rumah tanpa DP,(Foto: SB/Is)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen bakal membangun 500 unit rumah untuk para Tenaga Harian Lepas (THL) dan masyarakat kurang mampu dengan DP nol persen atau tanpa uang muka.

Rencananya perumahan ini akan berdiri di tanah milik Pemkab yang mangkrak berlokasi di Desa Krakal, Kecamatan Alian. Pemkab akan membangun total sebanyak 500 unit rumah mulai tahun depan.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto didampingi Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono menyampaikan hal itu usai melantik 12 pejabat eselon 2 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Selasa, (31/8).

Rumah tersebut bakal direalisasikan tahun depan dan persyaratannya akan dikaji oleh Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup.

“Pembangunan perumahan DP 0 persen tersebut nantinya akan dilaksanakan oleh BUMD yang ada di Kebumen.  Dengan memanfaatkan tanah Pemda yang terbengkalai yang berada di Alian. Insya Alloh mulai di bulan April 2022,’’jelasnya.

Arif menambahkan, perumahan DP 0 persen tersebut diperuntukkan bagi para THL di lingkungan Pemkab Kebumen dan masyarakat kurang mampu yang belum memiliki rumah.

“Rumah Tanpa DP ini diperuntukkan bagi para THL dan masyarakat yang belum mampu membeli rumah. Untuk aturannya nanti akan di godok oleh Dinas Perkim LH,”ujar.

Tanah terbengkalai di Desa Krakal Alian itu semula akan dibangun unit SMA atau SMK negeri. Namun sempat terjadi masalah dan keburu tanah telah diganti rugi oleh Pemkab. Pendirian gedung unit SMK Negeri Alian tidak jadi di Desa Krakal, namun dipindah ke Desa Seliling.

Komper Wardopo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here