blank
Bupati Kudus Hartopo meminjam meja Kades Kaliputu untuk mengerjakan tugas kesehariannya. Foto:Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Bupati Kudus Hartopo kembali melakukan kegiatan ngantor di desa sebagai sarana untuk memantau langsung pelayanan masyarakat. Kali ini orang nomor satu di Kudus tersebut ngantor di Balai Desa Kaliputu, Kecamatan Kota, Kamis (2/9).

Kegiatan ngantor di desa ini merupakan kegiatan lama Hartopo yang sempat terhenti akibat adanya pandemi.

Kedatangan Hartopo yang dilakukan secara mendadak dan tanpa pemberitahuan ini sempat membuat kades dan perangkatnya kelabakan. Meski demikian, Hartopo tetap melanjutkan kegiatannya seperti biasa.

Dengan meminjam ruangan milik kades, Hartopo sempat melakukan pekerjaan kesehariannya, diantaranya memeriksa dan menandatangani dokumen yang secara sengaja dibawa para staf Pemkab Kudus.

Setelah menyelesaikan pekerjaannya, bupati melanjutkan dengan mengecek kegiatan layanan masyarakat yang dilakukan perangkat desa.

“Dadakan dan tanpa terencana sebelumnya. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kinerja para pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selama ini,” katanya.

Dirinya meminta agar aparatur negara dalam memberikan pelayanan pada masyarakat dapat dilaksanakan dengan maksimal dan penuh tanggung jawab.

“Diawasi atau tanpa diawasi pimpinan, sebagai seorang abdi masyarakat tentunya harus melaksanakan pekerjaanya dengan penuh rasa tanggung jawab,” pesannya.

Untuk urusan keluar kantor, Pihaknya juga mengatakan harus ada ijin yang jelas serta tertulis.

“Sesuai surat edaran dari Bupati Kudus, Jika ada keperluan diluar kantor, Saya harapkan ada surat ijin tertulis, serta jelas keperluanya apa. Hal ini dimaksudkan untuk mendisiplinkan para pegawai agar tidak mengganggu pelayanan publik,” tegasnya.

blank
Usai menyelesaikan pekerjaan keserhariannya, Bupati Kudus Hartopo melanjutkan dengan mengecek pelayanan masyarakat. Foto:Suarabaru.id

Tak hanya itu, Bupati Kudus juga berpesan kepada setiap kepala desa/lurah agar menumbuhkan citra baik dimasyarakat.

“Kinerja kades atau lurah juga mencerminkan kinerja kepala daerah, tumbuhkanlah citra baik pemimpin dilingkungan wilayah anda dalam melaksanakan tugas. Kepala daerah dianggap baik dimasyarakat jika yang dibawahnya juga baik. Maka dari itu, kebaikan kinerja kades/lurah semua adalah kebaikan bagi Bupati juga,” terangnya.

Terakhir, Hartopo tak lupa selalu mengingatkan disiplin protokol kesehatan dilingkungan kantor desa maupun diwilayahnya.

“Karena masih dalam suasana pandemi, saya tak bosan selalu mengingatkan agar disiplin prokes. Jangan sampai ada kluster baru di perkantoran. Mari saling menjaga dan mengingatkan demi kebaikan bersama,” pungkasnya.

Tm-Ab