blank
Kapolres AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT berfoto bersama dengan ormas PP dan GMBI Wonosobo. Foto: SB/Humas Polres

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Kapolres Wonosobo, AKBP Ganang Nugroho Widhi SIK MT mengharapkan, situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat (Kamtibmas) di masa pandemi global covid-19 ini tetap berjalan dengan baik. aman, nyaman dan damai.

”Jika situasi daerah aman dan damai, maka segala aktivitas masyarakat akan berjalan dengan nyaman. Sebaliknya, jika kondisi kurang mendukung, maka aktivitas masyarakat di bidang apa pun pasti akan terganggu,” katanya.

Hal itu disampaikan Kapolres saat menggelar silaturahmi dengan ormas Pemuda Pancasila (PP) dan ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) Wonosobo, di Hotel Kresna, Kamis (2/9/2021).

BACA JUGA: Penanganan Covid-19 di Kota Semarang Panen Pujian, Hendy Ingatkan Pandemi Belum Usai

Hadir dalam kesempatan itu, Dandim 0707 Letkol Inf Rahmat SE MSi, Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra M Aziz Wijaya, Kepala Badan Kesbangpol A Didiek Wibawanto, sesepuh PP Suhardi dan tokoh GMBI Wonosobo Nirman Subali.

Menurutnya, karena Wonosobo merupakan daerah wisata, maka masalah keamanan dan kondusivitas wilayah sangat diperlukan. Bila situasi daerah tidak aman dan damai, maka wisatawan tidak akan berani datang ke daerah ini. Situasi ekonomi masyarakat pun akan semakin sulit.

”Di masa pandemi global covid-19 ini, semua elemen masyarakat dan pemuda harus kompak dan bersatu. Mari dukung program pemerintah melalui gerakan vaksinasi massal guna menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok,” ajaknya.

blank
Ormas PP dan GMBI Wonosobo menggelar silaturrahmi bersama dengan Kapolres setempat. Foto: SB/Humas Polres

BACA JUGA: Penegakan Prokes, Banyak Warga Terjaring Razia

Hal itu, lanjut dia, sebagai ikhtiar untuk memutus mata rantai penyebaran dan penularan kasus covid-19 di masyarakat. Sehingga wabah virus corona bisa berakhir, dan kehidupan masyarakat dapat segera kembali normal.

Sementara itu, Dandim 0707/Wonosobo, Letkol Inf Rahmat SE MSi menambahkan, semua elemen pemuda yang ada sama-sama merupakan warga Wonosobo yang harus hidup guyup rukun. Kaum muda harus membantu pemerintah, untuk membangun dan memajukan daerah.

Sedangkan Asisten Setda Bidang Pemerintah dan Kesra M Aziz Wijaya menyampaikan, sejak dulu di daerah Wonosobo tidak pernah ada konflik antarorganisasi pemuda. Semua pihak berjalan aman dan normal-normal saja.

BACA JUGA: Warga Berfoto Bersama Ganjar Pranowo, Wagub Gus Yasin yang Motret

”Semua saling bersahabat dan selalu menjalin komunikasi. Maka saya percaya. hari ini tidak pernah akan ada gesekan antarelemen pemuda. Karena prinsipnya, semua adalah saudara,” tegas Aziz, yang dulu pernah menjabat sebagai Ketua KNPI Wonosobo itu.

Dalam kesempatan itu pula, tokoh PP Suhardi menyatakan, jika di Wonosobo saat ini tidak terjadi apa-apa. Semua baik-baik saja, karena merupakan satu keluarga dan satu saudara.

”Apabila di daerah lain ada masalah, elemen pemuda di Wonosobo tidak boleh ikut-ikutan. Pemuda di sini siap membantu program pemerintah. Para pemuda harus dilibatkan dalam semua aktivitas apa pun demi kebaikan bersama,” tuturnya.

Muharno Zarka-Riyan