blank
Bupati Arif Sugiyanto menyerahakn SK kepada Camat Kebumen Suis Idawati.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto kembali melantik dan mengambil sumpah 30 orang Pejabat Administrator di lingkungan Pemkab, Kamis (2/9).

Sejumlah camat dirotasi dan dimutasi. Termasuk camat wanita. Camat Gombong Suis Idawati, digeser menjadi Camat Kebumen. Camat Pejagoan Farita Listiyati dimutasi sebagai Camat Prembun.  Sedangkan Sekdin DPU PR Ida Indrayani Akmal, dimutasi sebagai Camat Pejagoan.

Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinso PPKB) Kinanto dimutasi sebagai Camat Alian. Sedangkan Camat Ambal Edy Purwoko beralih menjadi Sekretaris Dinso PPKB.

Kabag Persidangan DPRD Kebumen Wikan Tris Junanto dimutasi sebagai Camat Buayan. Sedangkan  Isnadi semula Camat Buayan, dimutasi sebaga Camat Karanggayam. Camat Buluspesantren Budhi Suwanto digeser menjadi Camat Petanahan.

blank
Para camat dan pejabat eselon III mengikuti pelantikan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Sedangkan Camat Alian Sugito Edi Pranyoto bergeser menjadi Camat Buluspesantren. Sekcam Klirong Julin dipromosikasn sebagai Camat Padureso. Camat Padureso Anton Purwanto digeser sebagai Camat Poncowarno menggantikan Muhammad Taufik yang digeser sebagai Kabag Umum.

Kabag Prokopin Edi Purwanto dirotasi sebagai Camat Klirong. Sedangkan Camat Klirong Wawan Sujaka dimutasi sebagai  Camat Mirit menggantikan Khotib yang digeser sebagai Camat Kutowinangun. Camat Bonorowo Udi Cahyono dimutasi menjai Kabag Pemerintahan.

Pelantikan berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati. Acara dihadiri Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih dan para Pimpinan OPD serta Sekda Ahmad Ujang Sugiono.

Bagian dari Penyegaran.

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa proses promosi dan mutasi dalam jajaran pemerintahan merupakan bagian dari proses penyegaran.

“Ini adalah proses alami yang harus berjalan terus menerus sesuai dengan semangat manajemen pegawai. Karena itu hendaknya dapat disikapi dengan bijak dan tidak menyurutkan semangat untuk memberikan kontribusi terbaik bagi Kabupaten Kebumen,”ujar Arif Sugiyanto.

Menurut Bupati, jabatan adalah amanah dari negara. Penentuan posisi untuk memegang jabatan sudah melalui pertimbangan yang matang. Para pejabat yang dilantik memegang tanggungjawab negara yang sangat penting.

Bupati meminta  pejabat yang baru dilantik agar mampu menjalankan amanah dengan penuh perhatian, komitmen dan rasa tanggungjawab yang tinggi.

“Saya percaya bapak-bapak dan ibu-ibu yang telah dilantik bisa menjalankan amanah itu dengan baik. Bisa mengutamakan kepentingan masyarakat dari pada kepentingan pribadi,”jelas Bupati.

Dia menambahkan, saat ini peningkatan profesionalisme ASN sudah tidak dapat ditawar lagi dan tidak bisa lagi mentoleransi ASN yang asal kerja.

Karena setiap ASN saat ini dituntut untuk memberikan kontribusi kinerja yang jelas dan terukur, agar dapat secara optimal melaksanakan birokrasi yang berbasis kinerja.

Menyinggung kondisi saat ini dalam pandemi Covid-19 dan pelaksanaan PPKM yang mengharuskan penerapan pembatasan kegiatan, Bupati menekankan, justru disinilah peran pemerintah harus lebih menekankan pada pola kerja tanpa batas ruang dan waktu untuk bekerja.

Drajat Triwibowo Camat Sempor

Pejabat eselon III yang dimutasi selengkapnya Drajat Triwibowo dari Camat Karanggayam menjadi Camat Sempor. Agus Susanto, dari Kabag Pemerintahan Setda dilantik sebagai Kabag Pembangunan Setda. Bambang Budi Sanyoto, dari Camat Kutowinangun dilantik jadi Camat Ambal.

Marjono dari Sekdin Kominfo dilantik jadi Kabag Persidangan Setwan. Akhmad Ngaisom, dari Camat Prembun menjadi Kabag Umum Setwan. Agus Rianto dari Kabag Umum Setwan menjad Inspektur Pembantu III Inspektorat.

Budiono dari Camat Sempor dilantik menjadi Sekdin Kominfo. Teguh Yuliono, dari Kabid Pengembangan Pariwisata Disporawisata dilantik jadi Sekretaris Dinas Pendidikan. Ulfah Muswardani dari Sekretaris BKPPD menjadi Sekretaris Capil.

Susilo, dari Camat Kuwarasan dilantik menjadi Camat Gombong. Nurdin Santoso, dari Camat Karangsambung bergeser menjadi Camat Kuwarasan. Azida Nurul Khayya, dari Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Pada Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah menjadi Camat Karangsambung.

Komper Wardopo