blank
Vaksinasi bagi ibu hamil dilakukan hari ini.

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)-Pemerintah Kabupaten Magelang melalui Dinas Kesehatan menggelar vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan penyandang disabilitas. Vaksinasi dilaksanakan di Lapangan drh Soepardi, Kota Mungkid dan 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Magelang, Senin (30/8/2021).

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Magelang, Sri Wahyuningsih mengatakan, tujuan vaksinasi Covid-19 pada masyarakat rentan itu sebagai upaya
meminimalkan risiko terjadinya infeksi Covid-19.

Menurutnya, Ibu hamil yang sudah mendapatkan vaksinasi akan mengurangi kemungkinan terjadinya perburukan dan kemungkinan perawatan intensif. Sedangkan pemberian vaksinasi pada penyandang disabilitas adalah untuk memberikan pelayanan yang inklusif dan proaktif sebagai upaya menjamin akses perlindungan kesehatan terhadap paparan Covid-19.

Disebutkan, sasaran total vaksinasi Kabupaten Magelang sebanyak 1.029.210 orang. Terdiri sasaran sumber daya manusia kesehatan (SDMK) sebanyak 2.762 orang, warga lanjut usia 141.361 orang, petugas publik 92.707 orang, remaja 118.328 orang, untuk masyarakat rentan dan masyarakat umum sebanyak 674.052 orang.

“Sasaran riil vaksinasi Covid-19 dosis I pada kelompok ibu hamil sebanyak 4.769 orang, sedangkan target sampai awal September sebanyak 2.674 orang. Sementara sasaran riil pada kelompok disabilitas sebanyak 9.902 sasaran, sedangkan target vaksinasi pada disabilitas sampai 1 September 2021
sejumlah 2.674 sasaran,” papar Sri Wahyuningsih.

Dia menyebutkan, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 hari ini di lapangan drh Soepardi sebanyak 40 orang. Terdiri dari ibu hamil sebanyak 10 orang dan 10 orang pendampingnya dengan vaksin Sinovac dan dilaksanakan Tim Vaksinator Puskesmas Borobuudur. Untuk penyandang disabilitas sebanyak 12 orang dan pendamping 8 orang dengan vaksinator dari Puskesmas Mungkid.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Zaenal Arifin, menyatakan ikut mendukung program vaksinasi yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan untuk masyarakat rentan terutama bagi ibu hamil dan disabilitas.

“Kami siap mendukung kader Posyandu untuk menggerakkan sasaran, sehingga apa yang menjadi target vaksinasi di tingkat Kabupaten Magelang bisa cepat tercapai,” kata Christanti.

Dia mengimbau kelompok ibu hamil, penyandang disabilitas dan masyarakat pada umumnya untuk jangan ragu dan takut ikut program vaksinasi. Karena merupakan salah satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap Covid-19.
“Pemerintah sudah mempertimbangkan bahwa vaksin ini aman dan halal, jadi jangan takut dan jangan lupa tetap jaga protokol kesehatan,” pungkasnya.

Eko Priyono