blank
Penarikan mahasiswa KKN di Kecamatan Todanan oleh Bupati di Balai Desa Ngumbul.. Foto: ist
BLORA (SUARABARU.ID) – Penarikan Mahasiswa KKN XI dan Penutupan PPL STAI Khozinatul Ulum Blora Tahun 2021 berlangsung di Balai Desa Ngumbul Kecamatan Todanan, dihadiri Bupati, H. Arief Rohman, S.IP, M.Si, Minggu 29 Agustus 2021.
KKN dengam Tema “Pengembangan Inovasi Desa Berbasis Ekonomi Pendidikan dan Teknologi Sebagai Solusi di Tengah Pandemi Covid19” ini mengambil lokus enam desa di wilayah Todanan. Yaitu Desa Ngumbul, Prigi, Bicak, Pelemsengir, Wukirsari, dan Kedungbacin yang diikuti sebanyak 104 mahasiswa mulai tanggal 21 Juli 2021.
Dalam laporan penyelenggaraannya Ketua STAI Khozinatul Ulum, Dr. Nur Ihsan Saleh, LC ,MA menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan dari seluruh warga masyarakat Todanan dan berbagai pihak yang berkenan menjadi tempat mahasiswa KKN.
“Kami atas nama segenap sivitas akademika STAI Khozinatul Ulum dan pribadi menyampaikan banyak terima kasih atas diizinkannya mahasiswa kami melaksanakan KKN di enam desa wilayah Todanan,” kata Nur Ihsan Saleh.
Nur Ihsan juga berterima kasih karena sudah mahaiswanya diberi kesempatan untuk mengajar di sekolah-sekolah di Todanan dan menerapkan ilmu ekonomi syariah di beberapa BUMDes dan lembaga keuangan yang ada.
“Semoga silaturahmi tetap terjaga dan mohon maaf apabila selama menjalani KKN, ada tingkah laku mahasiswa kami yang kurang berkenan,” pamit Nur Ihsan Saleh.
Sementara itu, Kades Ngumbul Supardi selaku salah satu desa lokus KKN menyampaikan terimakasih atas sumbangsih mahasiswa KKN dan PPL STAI Khozinatul Ulum.
“Saya pribadi sangat terbantu dengan kedatangan adik – adik mahasiswa ini, saya yakin mahasiswa STAI Khozinatul Ulum taat dan patuh dengan aturan karena berbasis agama, dan kami mohon maaf kepada para mahasiswa apabila ada warga kami yang kurang sopan dalam menerima adik – adik mahasiswa,” kata Kades Supardi.
Pada kesempatan itu, Bupati Blora H. Arief Rohman dalam sambutannya mendorong STAI Khozinatul Ulum untuk membuat inovasi.
“Saya mengapresiasi pemilihan Todanan ini sebagai lokus KKN, harapan saya dengan adanya mahasiswa KKN disini dapat mendorong warga masyarakat untuk berinovasi. Sebagai contoh, membuat variasi olahan makanan berbahan baku ketela yang banyak tumbuh di Todanan,” pinta Arief Rohman.
blank
Mahasiswa KKN STAI Khozinatul Ulumyang sudah selesai bertugas di Balai Desa Ngumbul. Foto: Ist
Balai Penelitian
Bupati juga mendorong STAI Khozinatul Ulum untuk mendirikan balai penelitian dan bersinergi dengan dinas terkait dalam memajukan Kabupaten Blora.
“Saya juga berharap, STAI Khozinatul Ulum ini untuk mendirikan balai atau laboratorium penelitian yang nantinya dapat mengembangkan inovasi – inovasi yang bermanfaat untuk kemajuan Blora. Silakan berkoordinasi dengan Bappeda. Juga untuk pemilihan lokus KKN kalau bisa di desa yang masih jauh dari jangkauan. Sehingga kehadiran mahasiswa KKN dapat lebih dirasakan manfaatnya,” pungkas H. Arief Rohman.
Dalam rangkaian kegiatan itu  pula disalurkan bantuan bedah rumah dari BAZNAS Kabupaten  Blora kepada salah satu warga Desa Prigi Kecamatan Todanan yang diserahkan oleh Bupati Arief Rohman dengan didampingi Wakil Ketua II BAZNAS Nur Rokhim.
Hadir mendampingi Bupati dalam acara ini Kepala Dinas PMD, Plt. Kepala Dinas Kesehatan sekaligus selaku Camat Todanan serta perwakilan Bappeda Blora.
Kudnadi