Anggota DPRD Kabupaten Magelang (kanan) menemui petani Ngablak, kemarin.

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Magelang, Dalami Nur Sidiq, menyambangi kediaman Agus Wibowo, salah satu petani milenial di Dusun Kragon, Desa Sumberejo, Kecamatan Ngablak, kemarin.

Dalam kesempatan itu Agus yang saat ini mengelola PT Agro Lestari Merbabu menyampaikan kondisi pertanian di Ngablak. Dia menuturkan bahwa harga hasil pertanian terutama sayur, sering terjun bebas (turun drastis) dari harga pasaran normal, sehingga menyebabkan kerugian yang besar bagi para petani.

Dia menyayangkan kurangnya perhatian dan apresiasi pemerintah terhadap sektor pertanian di Kabupaten Magelang, khususnya Ngablak. Keberhasilan petani mengembangkan kentang unggulan yang mewakili Indonesia di ajang bisnis dunia pada April 2017 juga tak mendapat dukungan dari Pemkab Magelang.

“Sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Magelang mempunyai potensi yang sangat baik, sayang sekali kalau tidak dimaksimalkan,” kata Agus.

Sebagai anggota Komisi II, dia sangat mengapresiasi keseriusan Agus untuk memajukan pertanian di sekitarnya. Mulai dari penyiapan bibit berkualitas, menjalin kemitraan dengan para petani, hingga melibatkan para ibu dan pemuda desa dalam memroduksi keripik kentang.

“Inovasi-inovasi dalam bertani seperti yang dilakukan Mas Agus ini akan jadi masa depan yang cerah bagi pertanian di Ngablak,” ungkap Dalami.

Berkat kegigihannya, kini Agus telah sukses membina sekitar 70 petani mitra yang setiap bulan memasok puluhan ton kentang ke pabrik keripik di Bogor, Jawa Barat.

Eko Priyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here