blank
Kegiatan pajak bertutur yang diikuti seluruh unit instansi vertikal di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah II, (Dok)

 

SURAKARTA (SUARABARU.ID) –  Seluruh unit instansi vertikal di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jawa Tengah II secara serentak pada 25 Agustus 2021 menyelenggarakan Pajak Bertutur 2021 secara daring.

Kegiatan yang diselenggarakan kanwil bersama  perguruan tinggi diikuti 12 Kantor Pelayanan Pajak (KPP) dan 6 Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) menggandeng institusi pendidikan mulai dari SD, SMP dan SMA/SMK. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan pengenalan dan pemahaman akan pentingnya pajak sebagai sumber penerimaan negara dalam APBN.

Pajak Bertutur kali ini mengusung tema “Generasi Muda Sadar Pajak, Wujud Bela Negara”. Total peserta tercatat mencapai 1.276 peserta. Terdiri atas siswa SD, SMP dan SMA/SMKsederajat serta mahasiswa dari 10 perguruan tinggi.

Acara dimulai dengan penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan oleh Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo melalui teleconference. Dilanjutkan

Sambutan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Setelah itu, sambutan Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo. Dia menyampaikan pentingnya peranan pajak.

“Pajak ini sangatlah penting manfaatnya terutama di masa  pandemi ini. Pajak menjadi salah satu tumpuan dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN),’’ ungkap Slamet.

Kanwil DJP Jawa Tengah II juga menyerahkan penghargaan kepada para pihak yang telah berperan dalam upaya menumbuhkan kesadaran pajak di wilayah kerja Kanwil DJP Jawa Tengah II.

Penghargaan diberikan kepada Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo dan Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta.

Dengan adanya kegiatan ini para calon wajib pajak di masa yang akan datang dapat lebih memahami manfaat dan pentingnya pajak, sehingga dapat menjadi wajib pajak yang taat pajak.

 

Doddy Ardjono