Kandang ayam milik warga Banyumas di Desa Jatijajar Ayah, Kebumen, ludes terbakar.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Saat ini puncak kemarau ditandai angin kencang  dan cuaca panas. Lengah sedikit mudah memicu kebakaran. Seperti kandang ayam di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, ludes terbakar Kamis (26/8).

Kandang yang dilalap api  itu milik Andi (34), warga Kabupaten Banyumas. Kejadian dilaporkan sekitar Pukul 14.00 WIB.Tidak ada korban jiwa.  Namun pemilik kandang unggas diperkirakan merugi  ratusan juta rupiah..

Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut. Namun diperkirakan korban harus mengalami kerugian material sekitar Rp 130 juta.

Petugas Polsek Ayah Kebumen dan warga menunjuk lokasi kandang ayam yang terbakar di Desa Jatijajar.(Foto:SB/Ist)

Kebakaran diduga dipicu dari api yang bersumber dari pembakaran sampah.  Selanjutnya api merembet ke dua kandang milik korban.

“Tidak ada korban jiwa. Kita Polres Kebumen sudah datang ke lokasi dan melakukan olah TKP,” jelas Iptu Tugiman, Jumat (27/8).

Dari peristiwa itu, dua kandang masing-masing berukuran 9 meter x 28 meter dan 10 meter x 105 meter ludes terbakar hanya menyisakan puing-puing dan abu.

Kejadian bermula dari seseorang membakar sampah di dekat kandang ayam. Berhubung saat itu angin cukup besar sehingga memudahkan api merembet ke dua kandang.

Material kandang  dari bambu dan jerami membuat api susah dipadamkan. Beruntung lokasi kandang agak jauh dari permukiman sehingga tak membahayakan rumah warga.

Komper Wardopo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here