blank
Selasa (24/8) malam Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mendatangi rumah Rohana, petugas kebersihan di Desa Murtiorejo, Kecamatan Kebumen, dan memasak nasi goreng.(Foto;SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sri Rohana, petugas kebersihan yang setiap hari bertugas menyapu kawasan Alun-alun Kebumen tak menyangka rumahnya di Desa Murtirejo RT 01 RW 05, Kecamatan Kebumen, bakal didatangi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada Selasa (24/8/2021) malam.

Rohona sama sekali tidak diberi tahu oleh siapa pun rumahnya bakal didatangi orang nomor satu di Kebumen. Bahkan yang tak e[rnah ia duga, Bupati membawa peralatan masak lengkap dengan bahan-bahannya untuk menu masakan nasi goreng di rumahnya.

“Ya saya nggak menyangka Pak bupati mau ke sini ke gubug kami. Soalnya nggak ada yang ngasih tahu, jadi tidak ada persiapan apa-apa. Mungkin ini kejutan kali,”ucap Rohona.

blank
Usai memasak nasi goreng, Bupati Arif Sugiyanto menyerahkan sepiring untuk tuan rumah Ny Rohana yang juga petugas kebersihan.(Foto;SB/Ist)

Apalagi Bupati datang dengan niat ingin memasak nasi goreng untuk keluargannya. Baginya itu suatu kehormatan. Sebab  dia belum pernah mendengar cerita ada seorang bupati masak untuk warganya dengan datang ke rumahnya langsung.

“Ya baru kali saya tahu ada bupati masakin nasi goreng buat warganya. Alhamdulillah terimakasih banget atas perhatiannya kepada kami, semoga bapak bupati sehat selalu,” ujar Rohana mendoakan.

Saat ditanya soal rasa, Rohana mengaku masakan nasi goreng Bupati Arif Sugiyanto enak. “Enak sih bumbunya terasa, pedesnya sedang, tidak terlalu asin. Apalagi kalau tambah pete tambah enak jadinya,” ucap wanita tersebut .

Arif Sugiyanto menyampaikan,  datang ke rumah-rumah warga sebenarnya bukan hal yang baru bagi dirinya. Sebelum menjadi bupati, dirinya memang gemar silaturahmi datang ke rumah teman dan saudara-saudaranya.

“Waktu masih muda saya juga senang datang silaturahmi ke rumah teman dan saudara, sehingga kita bisa saling tahu kabar kita masing-masing. Persaudaraan kita juga semakin erat,” ujar Bupati.

Bentuk Apresiasi kapada Penyapu Jalan

Pada saat pagi-pagi buta Bupati pernah beberapa kali mengamati ada ibu-ibu sedang bekerja membersihkan Alun-alun Kebumen. Ibu tersebut ternyata adalah Sri Rohona yang sudah delapan tahun menjadi tenaga harian lepas sebagai petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup atau LH.

“Malam ini sengaja saya datang ke rumah Ibu Rohana, ibu ini sering saya lihat pagi-pagi buta sudah di Alun-alun menyapu jalan. Jadi setiap hari ini ibu ini berangkat sebelum subuh dari rumahnya untuk membersihkan Alun-alun. Sudah delapam tahun ini lakoni,”ujar Bupati.

Adapun  ia memasak nasi goreng merupakan inisiatifnya sendiri. Semua peralatan masaknya baru saja dibeli, termasuk bahan-bahannya. Apa yang dilakukan bupati itu diakui sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kinerja salah seorang warganya.

“Mungkin ke depan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kesejahteraanya. Minimal sekali gajinya sesuai UMR. Syukur bisa di atas UMR. Sistem kontraknya juga harus langsung dengan Pemda, tidak melalui pihak kedua dan ketiga. Biar tidak ada pemotongan. Nah ini saya minta untuk dikaji dan diperhatikan lagi,” terang Bupati.

Kedatangan bupati menarik perhatian warga sekitar. Mereka kemudian diajak ikut makan nasi goreng bareng bersama yang lain. Tak lupa, Bupati juga turut memberikan paket sembako untuk dibagikan kepada warga sekitar.

Komper Wardopo