blank
Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho tengah menganugrahkan Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha kepada 11 penerima terdiri Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), corporate serta perorangan  dalam acara  8th UNS SME’s Awards 2021 yang berlangsung di Auditorium G.P.H. Haryo Mataram UNS secara daring dan luring. Foto: Dok UNS

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menganugerahkan Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha. Penganugrahan kepada 11 penerima terdiri Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), corporate, serta perseorangan.

Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar 8th UNS SME’s Awards 2021 di Auditorium GPH Haryo Mataram UNS secara daring dan luring, Rabu (18/8).

Pada acara dihadiri Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho dan Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan UNS, Prof Ahmad Yunus, Kepala Pusat Studi Pendampingan Koperasi dan UMKM LPPM UNS Dr. Heru Irianto dalam sambutannya mengatakan, penganugerahan penghargaan ditujukan untuk pengembangan UMKM di Indonesia.

Anugerah Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha diberikan kepada 11 UMKM dan corporate serta perseorangan. Salah satu di antara penerima yakni Hermawan Kartajaya yang merupakan Founder and Chairman Markplus Inc.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Solusi Bangun Indonesia (SBI),PT  Kereta Api Indonesia (KAI), Pokphand, dan Sampoerna Agro. Kami berharap kerja sama ini bisa berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya. UMKM kuat, negara berdaulat,” kata Dr. Heru Irianto.

Rektor UNS Prof Dr Jamal Wiwoho dalam sambutannya mengatakan, Bank Indonesia menyebutkan 87,5 persen  UMKM terdampak pandemi. Dari jumlah itu 93,2% di antaranya terdampak negatif dari sisi penjualan. Sebagian UMKM justru masih mampu bertahan karena melakukan inovasi dan kreativitas bisnis di tengah pandemi. Yakni dengan cerdas dan cerdik mengubah pola marketing , distribusi dan transaksi.

UMKM tersebut memanfaatkan momentum perubahan perilaku masyarakat dalam hal belanja dan transaksi online.  “Sudah sangat tepat UNS sebagai salah satu institusi pendidikan yang sangat peduli terhadap nasib dan masa depan UMKM memberikan sebuah apresiasi luar biasa kepada pemerhati UMKM. Hal ini sebagai apresiasi atas kinerja dan kepeduliannya yang tiada henti terhadap UMKM,” jelasnya.

Sementara itu Hermawan Kartajaya satu-satunya perorangan penerimaAnugerah Dharmakrida Baraya Adikarya Anugraha, mengatakan sangat  mengapresiasi UNS. “Saya berjanji akan menyediakan counter khusus untuk UNS. Hari ini kita bersaudara, nanti ayo ramai-ramai memamerkan hasil karya UNS di Bali 2023 karena ada ratusan UMKM di dunia di Bali dalam acara International Council for Small Business (ICSB),” ungkapnya.

Dia juga berharap UNS bersama ICSB Jawa Tengah dapat memiliki beberapa brand. Nantinya, bagi UKM yang tidak memiliki brand sendiri dapat menyetorkan produknya sesuai kriteria UNS.

Bagus Adji