Korban meninggal terbawa arus air Sungai Serayu berhasil dievakuasi Tim SAR dan Basarnas Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Seorang petani yang diketahui bernama Sunaryo (70), warga Kemiri RT 4 RW 1 Sukorejo Mojotengah Wonosobo ditemukan dalam keadaan sudah tak bernyawa di Sungai Serayu.

Korban ditemukan Senin (16/8), sekitar pukul 16.30 WIB di Sungai Serayu yang masuk wilayah Siwatu Bumiroso Watumalang Wonosobo. Saat korban ditemukan arus air sungai tengah mengalir deras.

Kepala BPBD Wonosobo Zulfa Akhsan AK membenarkan jika telah ditemukan seorang pria yang jatuh di bibir Sungai Serayu di Kemiri Sukorejo Mojotengah dan ditemukan tewas di Sungai Serayu Siwatu Bumiroso Watumalang.

“Korban diperkirakan jatuh sekitar pukul 13.15 WIB dan terseret arus air sungai sepanjang kurang lebih 3 kilometer. Korban baru ditemukan tim SAR dan Basarnas sekitar pukul 16.30 WIB,” terangnya.

Saat ditemukan, lanjut dia, wajah korban penuh luka dan berdarah karena benturan benda keras. Meski tidak dalam kondisi hujan, namun arus air Sungai Serayu kali itu, dalam kondisi mengalir deras.

Kronologi Kejadian

Proses pencarian korban tewas yang terbawa arus air Sungai Serayu di Siwatu Bumiroso Watumalang Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Zulfan menyebut kronologis kejadian, Sunaryo pada Senin, (16/8) kira-kira pukul 13.15 WIB dari rumah pergi ke sawah. Sampai di sawah yang lokasinya di pinggir Sungai Serayu Kemiri Sukorejo Mojotengah diperkirakan korban terpeleset dan terlepelanting ke sungai.

“Korban lalu tenggelam dan langsung terbawa arus air yang sangat besar. Kondisi korban yang lemah karena sudah tua dan tidak bisa berenang mengakibatkan korban hanyut dan ditemukan sudah meninggal sekitar pukul 16. 30 WIB di Sungai Serayu Siwatu Bumiroso Watumalang,” ujarnya.

Setelah dilaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh Tim Inafis Polres Wonosobo kemudian korban diserahkan pada keluarganya di rumah duka Kemiri RT 4 RW 1 Sukorejo Mojotengah Wonosobo.

“Selanjutnya pihak keluarga mempersiapkan untuk pelaksanaan pemakaman jenazah korban di TPU Kemiri Sukorejo Mojotengah Wonosobo. Keluarga menerima jika korban meninggal karena murni kecelakaan sendiri,” ucapnya.

Tim SAR dan Basarnas, personil Polsek Watumalang, Koramil 03/Mojotengah serta Koramil 02/Watumalang warga setempat ikut mengevakuasi korban dari Sungai Serayu untuk diperiksa secara medis di RSUD KRT Seotjonegoro.

Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here