Anggota Paskibra upacara Kemerdekaan RI dikukuhkan di Pendopo Bupati Wonosobo. SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat, secara resmi mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Wonosobo tahun 2021, yang akan bertugas pada upacara pengibaran dan penurunan bendera HUT Kemerdekaan RI ke-76 pada 17 Agustus 2021 besok.

Sebanyak 36 anggota Paskibra, yang telah mengikuti latihan keras sejak 2 Agustus lalu, secara resmi dikukuhkan oleh Bupati, Senin, 16 Agustus 2021 di Pendopo Bupati Wonosobo.

Mereka siap bertugas mengibarkan bendera pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke- 76 tahun 2021 ini, yang akan digelar besok, Selasa (17/8) di Alun-Alun Wonosobo.

Namun karena adanya berbagai pembatasan di masa pandemi global Covid-19 ini, pengukuhan dilaksanakan secara sederhana serta dengan penerapan prokes ketat. Hanya disaksikan oleh anggota Forkompimda saja.

Para anggota Paskibra ini sebelumnya telah melalui test swab antigen. Dari 100 siswa yang masuk seleksi hanya diambil 36 siswa. Secara terperinci 5 terbanyak dari SMAN I sebanyak 6 siswa.

Disusul SMAN II 5 siswa, SMK N 2 3 siswa, SMKN 1, SMAN 1 Wadaslintang, SMAN 1 Mojotengah, SMAN 1 Sapuran, SMA Muhammadiyah, SMK Takhasus Al Quran, SMK Muhammadiyah, SMK Wiratama, masing-masing 2 siswa.

Sedang lainnya terpilih satu siswa, yakni, SMA Takhasus Al Quran, SMAN 1 Watumalang, SMAN 1 Kaliwiro, SMAN 1 Kertek, SMK Informatika dan MAN 1 Wonosobo.

Bupati Afif Nurhidayat Wonosobo melalui amanatnya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas perjuangan dan pengorbanan siswa-siswa yang telah dengan gigih dan penuh semangat mengikuti latihan.

Awal Perjuangan

Anggota Paskibra upacara Kemerdekaan RI yang telah dikukuhkan siap bertugas. SB/Muharno Zarka

Afif menyampaikan selamat kepada semua, yang telah diberikan amanah dan kehormatan sebagai anggota Paskibra HUT ke-76 Kemerdekaan RI, tingkat Kabupaten Wonosobo.

“Pengukuhan ini adalah awal dari perjuangan, yang tidak boleh berhenti seiring dengan berakhirnya momentum peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI esok hari,” katanya.

Jiwa nasionalisme, patriotisme, kepeloporan, serta kepemimpinan yang terbentuk, menurutnya, harus dijadikan sebagai bagian dari kepribadian. Senantiasa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai putra-putri Indonesia pilihan, ujar Afif, kalian harus mampu memberikan energi positif bagi generasi muda lainnya serta masyarakat sekitarnya.

“Tumbuh kembangkanlah semangat membangun bangsa, memajukan negeri, membanggakan daerah asal kalian, melalui kontribusi-kontribusi positif di masa depan”, katanya.

Bupati berpesan, agar para siswa yang terpilih ini menjadikan momen ini sebagai kebanggan dan menanamkan patriotisme, rasa cinta tanah air dan bangsa.

Tanamkan dalam hati kalian, prinsip rela berkorban demi keutuhan bangsa dan negara Republik Indonesia. Harumkan nama keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan negara. Berusaha menjadi teladan yang baik bagi umat manusia di manapun berada.

“Jadikan semangat kebersamaan dan gotong royong sebagai kunci, dalam membangun negeri tercinta ini. Jadikan pula toleransi dan tolong-menolong sebagai landasan, untuk menjalin persaudaraan serta mempererat persatuan dan kesatuan bangsa,”pungkasnya.

Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here