blank
Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari simbolis menyerahkan bantuan sosial itu kepada Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pertamina Foundation menyalurkan 500 paket bantuan sosial senilai Rp 50 juta ke warga Kebumen sebagai wujud kepedulian bagi masyarakat terdampak Covid-19

Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari menyerahkan secara simbolis bantuan sosial itu kepada Bupati Kebumen H  Arif Sugiyanto di Ruang Transit Pendopo Rumah Dinasi Sabtu, 14 Agustus 2021.

Acara dihadiri Seda Kebumen  Ahmad Ujang Sugiono, Asisten 1 Kebumen Edi Rianto, Kepala Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Eko Widianto serta Kabag Kesra Setda Kebumen Wahib Tamam.

blank
Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari bersama Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto berfoto bersama pejabat terkait.(Foto:SB/Ist)

Bupati Arif Sugiyanto menyampaikan, ini adalah bantuan untuk sekian kali yang diserahkan Pertamina Foundation kepada masyarakat Kebumen. Sebelumnya  Pertamina memberikan bantuan oksigen untuk sejumlah rumah sakit belum lama ini.

“Ini bantuan untuk sekian kalinya. Kemarin kita masih ingat bantuan oksigen datang dari Pertamina saat masyarakat benar-benar membutuhkan. Pemberian oksigen menjadi paling berharga dibanding emas permata, karena satu oksigen ini bisa menyelematkan nyawa manusia,”ujar Bupati.

Bupati bersyukur, saat ini penyebaran Covid-19 sudah mengalami pelambatan. Namun masyarakat masih diminta untuk mematuhi aturan selama PPKM Level 4. Pihaknya masih terus mengupayakan pemberian bantuan, dalam bentuk sembako dan uang tunai.

“Alhamdulillah sekarang dapat tambahan bantuan lagi dari Pertamina berupa paket sembako. Terima kasih bantuan ini tentu sangat dibutuhkan masyarakat dalam situasi yang sulit ini,” terangnya.

Perlu Kepedulian Bersama

Direktur Pertamina Foundation Agus Masngud S Asngari usai penyerahan bantuan mengatakan, dengan adanya  PPKM telah berdampak pada perekonomian masyarakat. Terlebih merebaknya varian Delta yang akhir akhir ini terjadi, dan menimbulkan banyak sekali korban.

Menurut Agus, banyak dari warga yang penghasilannya terpangkas. Bahkan tidak berpenghasilan sama sekali. Hal ini tidak hanya terjadi di Kebumen saja, tapi hampir di setiap kabupaten/kota di Indonesia. Dengan kepedulian bersama Pertamina Foundation diharapkan bisa meringankan beban masyarakat.

Agus menam ahkan, tidak hanya sembako saja, Pertamina Foundation juga telah memberikan bantuan berupa tabung oksigen di seluruh Jawa Tengah. Mengingat oksigen saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama bagi mereka yang terpapar wabah Covid 19.

Menurutnya, Pertamina Foundation saat ini akan berfokus untuk turut serta membantu pemerintah dalam penanganan Covid 19, mulai dari berbagai bantuan yang sifatnya langsung dan juga pemulihan ekonomi masyarakat kedepan.

Pihaknya juga berharap, agar semakin banyak Instansi instansi pemerintah maupun swasta yang turut serta dalam penanganan Covid 19. Dengan bersama-sama tentu pemulihan di berbagai sektor bisa semakin cepat.

Bantuan paket sembako ini rencananya dibagikan ke masyarakat di 3 desa dan kelurahan  yaitu Kelurahan Selang, Desa Jatisari dan Desa Gesikan.

Komper Wardopo