blank
Penjaga Hutan Mantingan bersama anggota Dalmas Shabara Polres Blora di hutan Kalinanas.

BLORA (SUARABARU.ID) – Perhutani Mantingan membangun sinergi dengan Kepolisian Resor (Polres) Blora pasukan Polisi Teritorial (Polter) Kalinanas unjuk kekuatan di petak 70 Resor Pemangkuan Hutan (RPH) Kedung Bacin desa Gaplokan kecamatan Japah Kabupaten Blora. Sabtu (14/08/2021).

Hadir dalam unjuk kekuatan di petak 70 RPH Gaplokan Asper Kalinanas Endang Priyanto, KRPH Kedungbacin Agung Citatos, KRPH Gaplokan Soemindar , KRPH Bedingin Muhammad dan anggota Shabara Polres Blora polter Kalinanas.

Aministratur KPH Mantingan Marsaid melalui Asinten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kalinanas memberikan arahan dan juga penguatan kepada seluruh pasukan untuk tetap siaga dimasa pagebluk ini.

“Saya harap, jangan abai dengan prokes dan selalu cuci tangan,” ujar Endang Priyanto.

“Hari ini bertepatan dengan hari Pramuka ke-60 kita berikan sajian bahwa Polter kita semakin mantap dan kompak dengan sinerginya Perhutani dan Polres Blora,” imbuhnya.

Lanjut Endang Priyanto, untuk menekan pelaku illegal logging kita perlukan pasukan yang kuat dan kompak dalam mengarungi kawasan hutan yang ada di hutan Kalinanas.

“Untuk sumber daya hutan di BKPH Kalinanas tanaman jati tahun 1930 tinggal beberapa petak saja, selanjutnya didominasi tanaman tahun 1986 – 2020,” tambahnya.

“Hal ini kita perlu meningkatkan kewaspadaan di dalam pengamanan hutan diwilayah Kalinanas. Sekarang para pelaku illegal logging juga sudah menyebarkan Cangok (mata-mata),” tandas Endang.

Sementara itu, Anggota Banit Dalmas Shabara Polres Blora Bripda Andresetyo Nugroho mengatakan sesuai dengan sprint Polres Blora nomor : sprint/ 1262/VII/HUK.6.6/2021/Shabara bahwa anggota Polres ditugaskan untuk melaksanakan pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan di wilayah KPH Mantingan.

“Kita mengadakan koordinasi dengan instansi terkait dengan sebaik-baiknya baik internal maupun external di Perhutani sesuai dengan kewenangan yang telah diperintahkan,” jelas Bripda Andre.

Lebih lanjut Bripda Andre mengatakan bahwa anggota juga dilengkapi dengan senjata api laras panjang, tongkat Polri, borgol sebagai alat pelindung diri.

“Kegiatan kali ini adalah salah satu rencana kegiatan Sat Sabhara Polres Blora tahun 2021,” tutur Bripda Andresetyo sambil memasang borgol untuk dibawa patroli.

Kudnadi