Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen, mendonorkan darah konvalesennya di UUD PMI Kota Semarang, Jumat 13 Agustus 2021. Foto: doc/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Menyongsong datangnya Hari Kemerdekaan Indonesia, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengajak masyarakat, terutama para penyintas covid-19 untuk menjadi pahlawan pada masa pandemi covid-19 ini.

Taj Yasin menyampaikan hal itu setelah melakukan donor darah plasma konvalesen yang ke-3 di UDD PMI Kota Semarang, Jumat (13/8/2021).

“Saya mengajak seluruh warga Jawa Tengah, ketika di bulan Agustus ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 pada tanggal 17 dan HUT Pemprov Jateng yang ke-71 pada tanggal 15, untuk menjadi pahlawan dan menolong masyarakat,” ajaknya.

Menurutnya, saat ini sosok pahlawan yang membantu dan menyelamatkan masyarakat adalah hal yang dibutuhkan masyarakat pada kondisi seperti ini.

“Pada bulan Agustus ini yang bertepatan pada hari kemerdekaan dan HUT Provinsi Jawa Tengah, ayo kita menolong masyarakat dengan mendonorkan plasma kita,” ungkapnya.

Menurutnya, semakin banyak orang yang melakukan donor plasma konvalesen, maka dapat membantu menekan jumlah angka kematian serta penularan akibat covid-19.

Sementara itu, Kepala UDD PMI Kota Semarang, dr.Anna Kartika  menjelaskan, saat ini UDD PMI Kota Semarang, sudah mengalokasikan ke beberapa daerah di Jawa Tengah, bahkan hingga keluar daerah.

“Kita mengalokasikan plasma konvalesen sekitar Semarang Raya, Rembang, tiap rumah sakit bahkan hingga Balikpapan sama Pontianak dan daerah Indonesia Timur,” ucapnya.

Sementara itu, dari data per tanggal 12 Agustus 2021. UDD Kota Semarang dari awal pandemi hingga sekarang sudah mengeluarkan plasma konvalesen sebanyak 4284 kantong. Terkait stok plasma konvalesen mencapai 167 kantong.

Hery Priyono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here