blank
Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, secara simbolis memberikan bantuan kepada para veteran, Selasa (10/8/2021). (doc/ist)

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengajak masyarakat untuk menghargai jerih payah dan kerja keras para veteran yang telah berkorban demi meraih kemerdekaan Republik Indonesia.

“Mari kita menghargai jerih payah para veteran kita. Mereka telah mengorbankan harta, tenaga bahkan nyawanya demi merebut kemerdekaan,” tutur Hendi, panggilan akrab Wali Kota Semarang itu.

Hal tersebut disampaikan Hendi saat menyerahkan bantuan berupa paket sembako, masker, dan biskuit kepada sesepuh LVRI Kota Semarang, Selasa (10/8/2021).

Kegiatan yang bertempat di Gedung Balaikota, kompleks Balaikota Semarang tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Veteran Nasional (HARVETNAS) Nasional yang ke-64 Tingkat Kota Semarang.

Dalam pengarahannya, Hendi juga menyayangkan ada pihak yang masih saling bermusuhan satu sama lain. Hanya karena mempersoalkan perbedaan yang mana perbedaan tersebut adalah pemberian atau anugerah Tuhan Yang Maha Esa.

Menurutnya sikap tersebut tidak menunjukkan rasa menghargai jasa para pejuang yang sudah berkorban demi merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

“Tapi setelah kita merdeka sayangnya banyak yang saling gontok-gontokan. Orang lahir di dunia tidak bisa memilih siapa orang tuanya. Maka kalau masih menjadikannya persoalan, ini artinya Indonesia mundur 76 tahun ke belakang,” katanya.

Menurut Hendi, sebagai sesama warga negara Indonesia sudah seharusnya menghargai jerih payah para pahlawan kita. Apalagi seringkali kita mendengar pepatah; bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya.

“Maka melalui momentum pada siang hari ini, melalui kegiatan seperti inilah menjadi salah satu bagian yang menunjukkan bahwa kita ini cinta dengan para pejuang, menghargai para pahlawan. Karena kita menginginkan Indonesia lebih baik, lebih maju dan berkembang,” tekannya.

Lebih lanjut Hendi pun berharap agar kegiatan tersebut dapat diikuti oleh kelompok masyarakat yang lain.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini ditiru oleh organisasi kemasyarakatan yang lain. Karena kita adalah bagian dari satu bangsa untuk membuat Indonesia Semakin Maju, Jateng Gayeng dan Semarang Hebat,” pungkasnya.