blank

TEGAL (SUARABARU.ID) – Untuk mempercepat proses vaksinasi, Pemerintah Kota (Pemkot) Tegal membuka layanan vaksinasi di pelabuhan untuk menyasar para nelayan.

“Kita akan mengundang Danlanal, Kepala Pelabuhan, Kepala TPI, Kepala HNSI, KUD Karya Mina, dan yang terkait untuk melakukan koordinasi terkait pelaksanaan vaksinasi termasuk juga dari pemilik atau juragan kapal dan bakul iwak (ikan),” kata Wali Kota Tegal, Dedy Yon Supriyono saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi di Ruang Adipura Komplek Balai Kota Tegal, Rabu (4/8/2021).

Wali Kota mengatakan, rencana akan dibukanya pelayanan vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan, sebagai upaya Pemkot dalam percepatan vaksinasi di Kota Tegal, utamanya wilayah Kecamatan Tegal Barat, khususnya yang bergerak di sektor perikanan. Direncanakan dalam minggu awal Agustus akan dilaksanakan vaksinasi massal di sekitar Pelabuhan atau tempat yang dekat dengan sektor tersebut.

Wali Kota berharap untuk nelayan masih di darat maupun yang akan berangkat untuk melaut, sudah vaksinasi.

“Anak buah kapal yang telah mendarat untuk divaksin dan yang akan berangkat juga di vaksin. Dan saya minta hari Minggu Dinas kesehatan sudah siap dengan tenaga vaksinator,” pinta Wali Kota.

Sekda Kota Tegal, Johardi menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya, baik Camat, Lurah, RW maupun RT untuk selalu menghimbau warganya untuk melakukan vaksinasi. Johardi meminta warga agar tidak usah khawatir karena program vaksinasi adalah tanggung jawab Negara.

“Bapak-ibu tidak boleh takut, ini ada
tanggung jawab negara karena diatur perundang-undangan. Bisa tidaknya seseorang divaksin adalah hasil dari observasi dokter sebelum dilakukan vaksin,” ucap Johardi.

Turut mendampingi Wali Kota dalam Rakor, Sekda Kota Tegal, Johardi, Asisten Pemerintahan yang Juga Inspektur Kota Tegal, Imam Badarudin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal, dr. Sri Primawati Indraswari, Plt Direktur RSUD Kardinah, drg Agus Dwi S dan peserta rakor dari OPD, Camat, Lurah se-Kota Tegal.

Nino Moebi