Ketua Pansel Jabatan Pimpiunan Tinggi (JPT) Pratama Pemkab Sukoharjo, Dr Anwar Hamdani (pakai dasi), menerima hasil seleksi dari Tim UK LPPM UNS Sebelas Maret Surakarta.

SUKOHARJO (SUARABARU.ID) – Mulai Kamis (5/8) besok sampai Jumat lusa (5/8), sebanyak 21 pejabat Pemkab Sukoharjo mengikuti uji makalah/gagasan.

”Itu merupakan tahapan lanjutan, setelah mereka lolos uji kompentensi,” tegas Ketua Panitia Pelaksana (Pansel) rekrutmen Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Dr Anwar Hamdani SH, SE, MM, MHum.

Bertempat di Kantor BKPPD Pemkab Sukoharjo, Pansel menggelar rapat pleno membahas hasil uji kompetensi (UK) JPT untuk pengisian tujuh calon Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tuhana, SH, MSi, selaku Tim Leader Asesor UK, menjelaskan, materi UK meliputi kompetensi manajerial, kompetensi bidang, dan kompetensi sosio kultural, serta manajemen pemerintahan.

Sebagai pelaksana teknis UK, Lembaga Penelitian  dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS, memberikan nilai dalam tiga kategori.

Yakni, Memenuhi Syarat (MS), Masih Memenuhi Syarat (MMS), dan Kurang Memenuhi Syarat (KMS).

MS dan MMS
Tapi tim asesor dari LPPM UNS, memutuskan dua kategori hasil UK bagi peserta seleksi JPT Pratama di lingkungan Pemkab Sukoharjo. Terdiri atas Memenuhi Syarat (MS) dan Masih Memenuhi Syarat (MMS).

Berdasarkan kategori itu, rapat pleno Pansel memutuskan, semua peserta UK lulus dan selanjutnya berhak mengikuti tahap berikutnya.

Tahapan uji makalah/gagasan berlangsung hari Kamis dan Jumat (5 dan 6/8). Sebanyak 21 peserta akan presentasi menyampaikan gagasan atau programnya masing-masing.

Materi makalah/gagasan tentang bagaimana bila memperoleh kepercayaan menjadi pejabat JPT eselon dua dari Pejabat Pembina Kepegawaian (Bupati).

”Penyampaiannya berlangsung secara bergiliran dan Pansel akan bertanya atau klarifikasi terkait dengan isi makalah yang menjadi gagasannya,” jelas Ketua Pansel Dr Anwar Hamdani.

Mewakili Bupati, Sekda Sukoharjo, Widodo (kanan) memasangkan atribut tanda peserta Uji Kompetensi (UK).

Sekda Sukoharjo, Widodo SH, MH, merasa bangga dan senang karena semua peserta seleksi JPT Pratama lulus dalam mengikuti uji kompetensi.

”Kami menghimbau, kepada peserta untuk mempersiapkan diri mengikuti tahap selanjutnya, yaitu uji gagasan agar memperoleh hasil yang optimal,” tandas Sekda Widodo.

Yang Lolos
Peserta yang lolos UK untuk kandidat Kepala Dinsos terdiri atas Joko Purwanto, Suparmin dan Widyanto Setya Wibowo. Untuk kandidat Kepala Dinas Perhubungan (Ahmad Saryono, FX Toni Sribuntoro dan
Suryanto).

Selanjutnya untuk job Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Bambang Dwi Sumiratno, Pandiyanto dan Sumarno). Job Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Bagas Windaryatno, Dyah Rilawati dan Rohmadi).

Berikut job Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Herdis Kurnia Wijaya, Iwan Setiyono dan Santosa Budi Utomo).

Untuk kandidat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Gunawan Wibisono, Roni Wicaksono dan Suyadi Widodo)

Kemudian untuk calon Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Agung Sri Cahyadi, Agus Purwantoro dan Rudiyanto).

Bambang Pur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here