blank
Petugas saat melakukan pemadaman api. Foto:Ist/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kebakaran melanda toko sepeda Rodalink yang berada di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Jati, Kudus, Minggu (1/8) pagi. Meski melahap sebagian besar toko dan isinya, beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik.

Informasi yang ada, peristiwa kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Saat itu seorang karyawan melihat kepulan api dari pendingin ruangan tempat service sepeda.

“Terjadi korsleting listrik di salah satu pendingin ruangan di ruang service pada pukul 08.30 WIB,” ucap Kepala Pelaksana Harian (Kalahar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo.

Beruntung, saksi langsung melaporkan kejadian ini ke petugas pemadam. Tak berapa lama kemudian sejumlah mobil Damkar tiba di lokasi dan langsung melakukan upaya pemadaman.

“Kemudian warga menelepon kami dan langsung kami terjunkan dua mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api tersebut. Namum memang api telah melahap sekitar 60 persen bangunan tersebut. Total kerugian kurang lebih mencapai Rp 100 juta” jelas Budi.

Sementara saksi mata dalam kejadian tersebut, Elia Sian Kurniawan (26) mengatakan jika kebarakan terjadi sekitar pukul 08.20 WIB. “Saya membuka toko kemudian menyalakan AC ruangan,” kata dia.

Namun, ketika AC hidup, Elia melihat percikan api keluar dari mesin AC yang ada di luar toko. Dia pun langsung mematikan arus listrik.

“Kemudian saya lari ke luar untuk minta tolong, pas jalan ke luar tiba-tiba ada bunyi letusan, setelah itu terjadi kobaran api yang cukup besar,” ujarnya.

Para karyawan toko kemudian mencoba memadamkan api dan menyelamatkan sepeda yang berada di dalam toko.

“Namun jersey dan ban sepeda hangus dan tak bisa terselamatkan. Sementara beberapa unit sepeda masih bisa terselamatkan,” jelas dia.

Tm-Ab