blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika menerima penghargaan KLA 2021. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)-Pemkab Wonosobo menerima Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2021 kategori Madya pada puncak penyelenggaraan Hari Anak Nasional yang dilaksanakan secara Virtual.

Penghargaan yang diterima Pemkab Wonosobo kali ini merupakan predikat Kabupaten Layak Anak kategori Madya, dan penghargaan ini telah diterima Wonosobo yang kedua kalinya setelah tahun 2019.

Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) dibuka langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual dan terbatas ini diikuti langsung oleh Bupati Afif Nurhidayat, dan hanya didampingi Kepala Dinas PPPKBPPPA Dyah Retno Sulistyowati serta Kepala Bapedda Tarjo di Pendopo Bupati Belakang Wonosobo.

Dalam sambutannya bupati Afif Nurhidayat mengungkapkan apresiasinya terkait penghargaan yang diperoleh Pemkab Wonosobo ini, semoga ditahun mendatang kita bisa meningkat.

“Apresiasi sebesar-besarnya kepada Kabupaten Wonosobo khususnya Kepada Dinas PPPKBPPPA beserta jajarannya yang telah bekerja keras dan semoga ditahun mendatang kita bisa naik kelas,” ungkapnya

Selain itu, Bupati juga menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan hingga terlaksananya program-program Pemkab Wonosobo yang telah sesuai dengan indikator tercapainya Kabupaten Layak Anak.

Predikat Madya

blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat didampingi Kepala Dinas PPKBPPPA Dyah Retno Sulistyowati. Foto : SB/Muharno Zarka

Pihaknya merasa bangga karena bisa mendapatkan peringkat Kabupaten/Kota yang menerima Penghargaan Kabupaten Layak Anak se-Indonesia. Penghargaan tersebut tidak bisa didapatkan oleh setiap daerah.

“Saya menyampaikan banyak terima kasih kepada tim KLA yang terdiri dari OrganisasibPerangkat Daerah (OPD), asyarakat dan media yang sudah bersinergi dan berkomitmen dalam mewujudkan Kabupaten sebagai Kabupaten Layak Anak,” ujarnya.

Semoga prestasi yang telah diraih ini, lanjut dia, menjadi motivasi meningkatkan semangat dalam melaksanakan program pemerintah. Wonosobo sebagai daerah layak anak perlu dipertahankan.

Sebagai informasi bahwa kategori predikat Madya KLA selain Wonosobo diberikan kepada 13 kabupaten/kota lainnya yaitu; Grobogan, Klaten, Boyolali, Purworejo, Sragen dan Temanggung

Juga Kabupaten Pekalongan, Kebumen, Pemalang, Kota Salatiga, Sukoharjo, Kab. Tegal dan Kota Pekalongan.

Kategori predikat Nindya diperoleh 7 kabupaten/kota yaitu; Rembang, Kota Semarang, Brebes, Cilacap, Kota Magelang, Kota Tegal dan Kabupaten Magelang.

Sementara untuk Kategori predikat Utama secara berurutan didapat oleh 5 kota yaitu; Kota Surakarta, Kota Denpasar, Kota Yogyakarta dan Kota Surabaya.

Muharno Zarka