JEPARA (SUARABARU.ID) –  Puluhan warga desa di Kecamatan Welahan mengeluhkan kelangkaan vaksin  dosis kedua. Padahal berdasarkan jadwal, mestinya mereka mendapatkannya Kamis (29/7-2021) sebagaimana tertulis dalam kartu vaksinasi Covid-19.

“Namun ketika kami sampai Puskesmas Welahan 1 dikatakan bahwa antrian vaksin tahap kedua telah habis. Sebab puskesmas tersebut  hanya mendapatkan jatah kuota hari itu sebanyak  40 vaksin.,” ujar Edy Mustofa dari Desa Ketilengsengolelo, Welahan.

Padahal menurut Edi, pada  saat vaksinasi  dosis pertama dulu ada sekitar 200 orang warga yang mendapatkannya. “ Seperti halnya saya, mestinya mereka juga mendapatkan vaksin dosis kedua hari ini ( Kamis 29/7-2021),” ujarnya.

Tadi bersamaan dengan saya ada puluhan orang yang kembali dengan kecewa, sebab tidak mendapatkan vaksin dosis kedua,” ujar Edi Mustofa.  Saya kemudian diminta untuk melakukan penjadwalan ulang dan berkoordinasi dengan bidan desa, tambah Edi.

Edi juga sudah menanyakan ke DKK Jepara. “Ternyata memang benar di Jepara ada kelangkaaan vaksin sebab belum mendapatkan alokasi kembali dari provinsi dan pusat,” ujar Edi Mustofa menirukan penjelasan  seorang pejabat di DKK Jepara.

Hadepe- ulil