blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin saat menyerahkan bantuan kepada perwakilan masyarakat di sekitar Kanwil Kemenkumham Jateng. Foto: Ning

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Melalui Kumham Peduli Kumham Berbagi, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah membagikan bantuan sosial 3.636 paket sembako.

Bantuan tersebut dibagikan kepada masyarakat di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) yang terdampak pandemi Covid-19. Adapun bantuan diberikan dalam bentuk paket yang berisi beras, minyak goreng, gula, mie instan, sarden, susu dan lainnya.

Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng, A Yuspahruddin menyampaikan, kegiatan ‘Kumham Peduli Kumham Berbagi’ sendiri dilakukan serentak di seluruh Indonesia pada Kamis (29/7/2021)

“Untuk Kemenkumham Jawa Tengah menyalurkan 3.626 paket sembako di seluruh Jateng,” ujar Yuspahruddin di kantor Kemenkumham Jateng, Jumat (30/7/2021).

Disebutkan bahwa bantuan ini diambil dari anggaran recofusing pandemi Covid-19. Selain itu, beberapa lainnya merupakan bantuan dari pegawai. “Kami ajak pegawai dan kami himbau mereka untuk berbagi kepada sesama, karena kita ini tidak termasuk yang terdampak,” tuturnya.

Dalam kegiatan serentak ini, Kanwil Kemenkumham Jateng juga mendapat bantuan uang senilai Rp 100 juta dari Menteri Hukum dan HAM RI, Yasonna Laoly, sama dengan 6 Kanwil lainnya yang memberlakukan PPKM Darurat Level 4.

Yuspahruddin menambahkan, penggunaan anggaran sebesar ini akan dikoordinasikan kepada pemerintah dan gubernur.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan gubernur terkait pendistribusiannya. “Manakah yang paling terdampak dan paling tepat. Bisa yang terkena penyakit ataupun pekerjaannya terdampak,” tandas Yuspahruddin.

Sementara itu, untuk program bantuan sosial seluruh Indonesia yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jenderal, tercatat menyerahkan total bantuan sosial sebanyak 46.614 paket, dan dana sosial sebesar Rp 700 juta.

Ning