blank
Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyampaikan harapannya di Muskorda Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Mataraman yang digelar secara online.(Foto: Humas Pacitan)

PACITAN (SUARABARU.ID) – Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyatakan, media massa memiliki peran sangat penting dalam kondisi pademi.

Yakni berperan menyampaikan informasi, sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan wabah Covid-19.

”Tidak hanya menyampaikan berita aktual, namun juga khabar yang menenangkan, menghibur, serta  membangkitkan semangat masyarakat dalam menghadapi pandemi,” tegas Bupati.

Humas Pemkab Pacitan, mengabarkan, Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji, menyampaikan itu pada acara Muskorda Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Mataraman secara online.

”Kami harap IJTI menjadi ujung tombak dalam mengedukasi masyarakat, terutama dalam penyampaian informasi tentang Covid 19,” ujar Bupati.

Orang pertama di Kabupaten Pacitan ini, mengapresiasi kinerja jurnalis televisi, yang aktif menyajikan pemberitaan secara aktual, akurat, tajam dan terpercaya.

Informasi Hoax
”Sehingga masyarakat tidak terjerumus dengan kabar-kabar tidak yang tidak benar atau informasi hoax,” tandas Bupati Pacitan yang memiliki sapaan akrab Mas Aji ini.

Dalam kesempatan itu, Sekjen IJTI Indria Purnamahadi, menyatakan, jurnalis harus profesional, dapat menyajikan informasi terbaik, secara benar dan terdidik.

Menurut Indria, di era pandemi seperti saat ini, jurnalis dapat memberi andil dengan cara menyajikan pemberitaan yang baik, tepat, aktual dan edukatif.

Dalam menyampaikan berita, jurnalis harus seimbang, mengacu pedoman yang berlaku. Memperhatikan  kode etik jurnalistik, P3SPS bagi televisi, UU Ramah Anak serta UU ITE dan mengedepankan nasionalisme.

Bambang Pur