blank
Bupati Jepara Dian Kristiandi saat meresmikan Anjungan Dukcapil Mandiri.

JEPARA (SUARABARU.ID)- Terobosan baru dibuat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil Kabupaten Jepara) dengan meluncurkan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Jika pada Maret lalu Disdukcapil telah meresmikan penerapan aplikasi Sikumisku (Aplikasi Mutasi Data Kependudukan) untuk memudahkan pemohon dokumen kependudukan, maka  pada ADM dapat  mencetak berbagai dokumen adminduk seperti, KK, KTP-el, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Dalam launching ADM pada Rabu, (28/7) di Mal Pelayanan Publik (MPP), Gedung OPD Bersama Jepara, Bupati Jepara Dian Kristiandi meminta agar Disdukcapil terus melakukan inovasi yang memudahkan pelayanan adminduk.

“Sekilas mesin ini seperti mesin ATM, namun ternyata berbeda dalam hal pengoperasiannya karena menyangkut data kependudukan”, kata Andi sapaan akrab Bupati Jepara.

“Saya mewanti-wangi kepada seluruh jajaran Disdukcapil agar tidak mentolerir praktik percaloan. Saya yakin jika pelayanan kita semakin mudah dan cepat maka jasa calo akan hilang”, tambah Andi.

Sementara itu Kepala Disdukcapil Kabupaten Jepara Sri Alim Yuliatun mengatakan bahwa penggunaan mesin ADM di semua Dukcapil di Indonesia merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan bisk besar Ditjen Dukcapil Kemendagri, yaitu Dukcapil Go Digital.

“Penggunaan ADM juga sejalan dengan upaya kita membudayakan kebiasaan baru di masa pandemi dengan mengurangi sebanyak mungkin kontak fisik antara manusia”, terang Alim.

Ulil Abshor – Alvaros