blank

SEMARANG – Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung (RSIGM-SA) Semarang menyelanggarakan Vaksinasi Covid-19 pada tanggal 23 Februari 2021 – 4 Juli 2021. Vaksinasi dilakukan dalam rangka mendukung program pemerintah untuk menanggulangi Covid-19.

Kabag Promosi Kesehatan RSIGM-SA, Drg Icha Mirza menyatakan RSIGM merupakan salah satu institusi yang ditunjuk untuk ikut serta memberikan vaksin kepada masyarakat khususnya di area Semarang. “Kegiatan ini sesuai dengan arahan dan regulasi dari Dinas Kesehatan Kota Semarang. Program vaksinasi diperuntukkan untuk seluruh lapisan masyarakat berusia 18 tahun ke atas, tidak hamil, dan tidak dengan komorbit yang memberatkan. Vial vaksin Covid-19 diberikan oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang berserta beberapa bahan habis pakai, namun untuk operasional lainnya seperti insentif jasa medis dokter dan nakes, APD dan beban rutin operasional dikeluarkan oleh RSIGM-SA sebagai bentuk bakti sosial bagi masyarakat”, ungkapnya.

Proses vaksinasi dilakukan oleh petugas medis yang ada di RSIGM-SA. Kegiatan vaksinasi dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 WIB. Setiap peserta vaksinasi melakukan verifikasi data terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan skrining awal mulai dari pengecekan tekanan darah hingga riwayat penyakit.

Setelah mendapatkan suntikan vaksinasi, peserta vaksin diminta untuk menuju ruang observasi selama sekitar 30 menit guna melihat apakah ada kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI). Jumlah peserta yang mengikuti vaksinasi di RSIGM-SA berjumlah 1118 orang.