blank

JEPARA (SUARABARU.ID) –  Kesulitan guru untuk menerbitkan karya ilmiah dalam sebuah  untuk  memenuhi angka kredit guna mendukung jabatan fungsionalnya terjawab sudah.

Ada kolaborasi yang sedang dibangun  antara LPPM Unisnu dan MKKS SMP Kabupaten Jepara, untuk melakukan pelatihan penulisan artikel ilmiah  dan sekaligus  cara mempublikasikannya melalui jurnal.

Ketua MKKS SMP Kabupaten Jepara, Darono, S.Pd.Ind menyampaikan, kolaborasi ini adalah salah satu jalan untuk memperkuat akses  guru untuk menerbitkan karya ilmiahnya. Harapan kami semakin banyak guru yang dapat melakukan publikasi karya ilmiahnya

blank

“Karena itu kami menyambut hangat program LPPM Unisnu  untuk memperkuat kapasitas guru dala menulis artikel ilmiah. Kami juga sudah menerbitkan karya guru dalam bentuk buku,” ujar Darono yang juga Kepala SMPN 6 Jepara.

Sementara Ketua Bidang Penelitian LPPM Unisnu Jepara,  R.H. Kusumodestoni M.Kom menyatakan kolaborasi antar berbagai komponen memang sangat diperlukan untuk pengembangan sumber daya manusia di daerah. “Kami sangat menghargai dan mendukung kerjasama ini,” ujarnya.

Selanjutnya kegiatan pelatihan virtual ini  di isi oleh pemateri Darnoto, M.Pd.I dengan judul materi simulasi submit jurnal dan pemateri kedua oleh Muchammad Qomaruddin, M.T. dengan judul teknik penulisan jurnal ilmiah serta sosialisasi dan pengenalan Jurnal Unisnu oleh M. Novailul Abid dari LPPM Unisnu Jepara.

Sementara Nor Azizah, M.Kom, ketua kegiatan pengabdian menyatakan, melalui pelatihan ini  diharapkan penulisan dan publikasi  artikel ilmiah guru bukan lagi sebuah masalah bagi guru. Namun bisa beralih menjadi sebuah kebutuhan guru dalam pengembangan serta penyebar luasan ilmu pengetahuan di Indonesia.

“Kami  berharap kegiatan ini bisa ditindak lanjuti dengan terbitnya jurnal baru khusus untuk publikasi ilmiah untuk kebutuhan guru di Jepara,” ujar Nor azizah sembari menyatakan siap memberikan pendampingan untuk tindak lanjut bersama dengan tim pengabdian Aprilia Riyana Putri, M.Pd.

Acara yang di moderatori  Mohammad Nofan Zulfahmi ini berjalan interaktif. Bahkan  beberapa peserta saling memberikan pertanyaan,  salah satunya adalah tentang hasil laporan penelitian tindakan kelas sebagai materi penulisan .

Menurut  Muchammad Qomaruddin, salah satu pemateri acara ini, Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini lah yang akan digunakan sebagai bahan untuk membuat artikel untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah.

Teknis pemilihan jurnal tujuan serta penyesuaian gaya selingkung jurnal juga turut dijelaskan sehingga Guru yang memiliki laporan penelitian dan memahami cara membuat artikel untuk jurnal ilmiah dari hasil laporan penelitian guru.

Alvaros