blank
Fabio Quartararo/dok

(SUARABARU.ID) – Hingga jeda musim MotoGP 2021, Fabio Quartararo, pembalap tim Monster Energy Yamaha, konsisten di lintasan yang berbuah dengan posisinya sebagai pimpinan klasemen sementara.

Diego Gubellini, kepala kru Quartararo, menuturkan faktor kekuatan terbaik pembalap asal Prancis ini adalah pengereman.

‘’Fase pengereman menjadi salah satu keunggulan Fabio. Itu hal terbaiknya,’’ ungkap Gubellini seperti dikutip dari GPOne.

‘’Meski banyak pembalap kuat dalam mengerem dan kecepatan menikung, Fabio bisa melakukan keduanya pada saat yang sama,’’ jelasnya.

Lanjutan musim ini akan kembali bergulir di Red Bull Ring, Spielberg, Austria, pada 6-8 Agustus 2021.

Konsistensi Quartararo tahun ini sepertinya mirip performanya musim lalu. Hanya, hasil akhir pada musim 2020 sungguh-sungguh menyakitkan bagi pembalap berjuluk El Diablo itu.

‘’Faktor nonteknis yang membuat Fabio angina-anginan pada musim lalu,’’ ujar Gubellini.

‘’Kendati motor 2020 terlihat sangat mirip dengan 2019 dari sisi luar, banyak bagian yang berbeda, bahkan soal perasaan jauh dari 2019,’’ imbuhnya.

Gubellini berharap El Diablo tak cepat merasa puas karena masih ada 10 balapan tersisa.

Saat ini Quartararo berada di puncak klasemen sementara pembalap dengan mengemas 156 poin.

Dia unggul 34 angka di depan Johann Zarco (Pramac Racing), dan memimpin 47 poin di atas Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo Team).

Sepuluh balapan tersisa bakal menentukan. Cuma pembalap paling konsisten yang berpeluang memenangi gelar juara dunia MotoGP.

Musim lalu, Joan Mir biasa-biasa saja pada paruh pertama, tapi menggila pada sisa musim sehingga sukses merebut titel yang sebelumnya didominasi Marc Marquez.

rr