blank

SEMARANG – LP3M Unissula mengadakan Workshop penyusunan instrumen penilaian rubrik dan fortofolio yang dilaksanakan Selasa (27/7/2021). Ketua panitia dr Yani Istadi MMed Ed dalam sambutannya menyatakan bahwa acara tersebut sangat penting mengingat dalam borang akreditasi mensyaratkan minimal adanya rubrik dan fortofolio.

Sementara itu rektor Unissula Drs Bedjo Santoso MT PhD dalam sambutannya menyatakan bahwa acara workshop ini perlu ditindaklanjuti dengan membuat sistem yang user friendly sehingga para dosen maupun prodi bisa mengakses hal hal yang terkait dengan instrumen tersebut sehingga memudahkan dan mampu meningkatkan mutu pendidikan termasuk juga menunjang akreditasi. “Dunia pendidikan harus bergerak maju termasuk knowledge managementnya, sehingga kita tidak perlu pergi ke sbuah sistem yang rumit namun ke sistem informasi yang mudah untuk mengambil kesimpulan dan kebijakan”, ungkapnya.

Sementara itu narasumber Dr Laili Etika Rahmawati menyatakan bahwa ada tiga karakteristik penilaian. Pertama assesment of learning, bertujuan memberikan penilaian terhadap hasil program pembelajaran dengan penilai kunci adalah dosen yang berperan sebagai assesor yaitu menilai capaian belajar. Yang kedua assesment for learning, tujuannya menyediakan informasi kepada dosen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan penilai kunci adalah dosen yang berperan memberikan umpan balik. Yang ketiga adalah assesment as learning, tujuannya untuk menilai kemajuan belajar (self monitoring) dan perbaikan diri (self correction), penilai kuncinya adalah mahasiswa adapun peran dosen memandu pencapaian target individu.