blank
Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Rudianto bersama Kapolda Jateng, Irjen Pol Drs. Ahmad Luthfi saat memberikan keterangan kepada media di kawasan Simpanglima Semarang. Foto: ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Untuk menciptakan Harkamtibnas di wilayah Jawa Tengah, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto bersama Kapolda Jateng, Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi menggelar patroli berskala besar dan membagikan Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat di sekitar Simpang Lima Semarang, Jumat (23/7/2021) malam.

Selain melakukan pengamanan, pelaksanaan kegiatan patroli tersebut untuk mengontrol situasi pemberlakuan PPKM yang saat ini sedang berlangsung, yang tujuannya memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Jateng.

Menurut Pangdam, seluruh masyarakat Indonesia mengalami posisi yang memprihatinkan selama 1 tahun lebih akibat penyebaran Covid-19. Apalagi di wilayah Jawa Tengah yang merupakan salah satu wilayah dengan kasus tertinggi. Namun saat ini kondisi itu sudah membaik berkat kerja sama semua pihak.

“Kondisi ini harus kita jaga bersama. Kita tidak akan bisa tanpa ada peran seluruh masyarakat Jawa Tengah,” ucapnya.

Pangdam menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak terprovokasi terkait isu demontrasi yang beredar di broadcast akan dilakukan demo pada 24 Juli ini.

Dalam penanganan kasus Covid-19 di wilayah Jawa Tengah, Kodam IV/Diponegoro bersama Polda Jateng telah melakukan beberapa srategi termasuk di dalamnya bantuan sosial dari TNI-Polri maupun pemerintah, guna meringankan beban masyarakat yang terdampak.

“Mungkin ini tidak membantu 100 persen, tapi paling tidak bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak,” imbuhnya.

Menurutnya, untuk paket bantuan sosial yang diberikan berupa sembako, obat- obatan dan masker yang ditujukan kepada masyarakat yang sedang melakukan isolasi mandiri.

Sementara itu Luthfi menambahkan terkait adanya isu demontrasi, pihak kepolisian menjamin bahwa tidak akan ada demo semacam itu.

Pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap tinggal dirumah dalam rangka menegakkan protokol kesehatan.

Kapolda menyatakan bahwa TNI Polri siap mendukung adanya distribusi bantuan dari pemerintah. “Kita akan akselerasi secara cepat kepada masyarakat yang terdampak,” tandasnya.

Ning