blank
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin saat memimpin doa bersama secara virtual. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Suasana duka menyelimuti keluarga besar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah atas meninggalnya Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan, Syafar Pudji Rochmadi.

Mengantarkan kepergian almarhum menuju perjalanan yang panjang dan kekal, seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Jateng menggelar kegiatan doa bersama.

Kegiatan yang diadakan secara virtual ini, dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jateng, A. Yuspahruddin, Jumat (23/7/2021).

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil menyampaikan hakikat kematian sebagai refleksi diri. “Ajal itu tidak bisa dimajukan maupun dimundurkan walau sesaat. Kematian ini bisa menjadikan kita semakin bertakwa,” kata Yuspahruddin mengutip Surah Al Mulk tentang kematian.

“Adanya kematian, adanya kehidupan, bahasa kematian itu disebut lebih dulu dalam Al-Qur’an. Itu dalam rangka melihat bagaimana kehidupan kita, bagaimana amal baik kita di dunia ini. Oleh karena itu kematian ini adalah keniscayaan,” jelasnya.

Selanjutnya, Yuspahruddin memberikan penghormatan terakhirnya. “Beliau orang baik, beliau telah melaksanakan tugasnya dengan sebaik-baiknya. Kita semua berdoa agar almarhum diberikan yang terbaik. Dan semoga doa kita diijabah oleh Allah SWT,” katanya

“Andai almarhum punya kesalahan terhadap kita semua, mari kita bersama-sama memaafkan beliau. Kita bersihkan hati kita untuk memaafkan apapun kesalahannya, sehingga almarhum bisa menghadap Allah dengan kesalahan yang telah kita maafkan,” tuturnya.

“Mari kita berdoa, semoga Allah mengampuni kesalahannya, kemudian Allah menerima seluruh amal baiknya,” sambung Yuspahruddin.

Kegiatan doa bersama ini diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng dan perwakilan seluruh UPT yang ada di Jawa Tengah.

Sebagaimana diketahui, almarhum Syafar Pudji Rochmadi (58) menghembuskan nafas terakhirnya pada hari Kamis (22/7), di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah, Kota Semarang.

Disampaikan bahwa jenazah almarhum telah dikebumikan di TPU Singosari Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Kamis malam.

Ning