blank
Rumah Sri Mujiatun usai dibedah oleh Baznas Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Blora melakukan bedah rumah bagi tiga warga. Biaya bedah rumah ini berasal dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) kepada masyarakat kurang mampu yang ada di Blora.

Penyerahan kali ini diwujudkan dalam bentuk renovasi rumah tidak layak huni atau bedah rumah kepada tiga warga Blora.

Adapun ketiga penerima bantuan tersebut adalah Sri Mujiatun, warga Kelurahan Ngawen, Kecamatan Ngawen, rumah Winardi, Desa Jatisari, Kecamatan  Banjarejo, dan rumah Musyafa, Desa Trembulrejo, Kecamatan  Ngawen.

Penyerahan bantuan bedah rumah secara simbolis dilakukan oleh Plt. Asisten I Pemerintahan dan Kesra, Drs. Sugiyanto, M.Si mewakili Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP., M.Si didampingi Wakil Ketua Baznas Kabupaten Blora Nur Rokhim, Jumat (23/07/2021) di lobi Center Point Setda Blora.

Plt Asisten I menyampaikan terimakasih atas peran Baznas yang telah mengelola zakat dari para ASN di Kabupaten Blora.

“Kami mewakili Bapak Bupati menyampaikan terimakasih kepada Baznas Blora yang telah mengelola zakat, infaq, dari ASN yang ada di Blora ini sekitar 7 ribu orang. Alhamdulillah ASN di Blora sudah melaksanakan kewajiban berzakat sesuai ketentuan yang berlaku,” ungkap Sugiyanto

Menurutnya, saat ini kesadaran para ASN untuk menunaikan zakat dan berinfaq semakin tinggi.

Hal tersebut terbukti dengan capaian zakat dan infaq ASN yang dikelola Baznas jumlahnya mengalami peningkatan.

“Informasi terakhir dalam satu bulan mendapat sebanyak 716 juta, ini meningkat dari yang sebelumnya hanya 300 juta sekian. Semoga ini bisa menjadi manfaat untuk saudara-saudara kita diluar sana yang membutuhkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Baznas Blora Nur Rokhim berharap dengan adanya penyerahan bantuan ini nantinya dapat turut membantu dalam upaya pengentasan kemiskinan di Kabupaten Blora.

“Bantuan ini diperuntukkan bagi masyarakat miskin atau kurang mampu, dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat membantu upaya pengentasan kemiskinan. Sebelumnya, bedah rumah dan bantuan-bantuan lainnya juga sudah banyak kami salurkan pada masyarakat kurang mampu,” paparnya.

Lanjut Wakil Ketua Baznas Blora, seperti bulan lalu juga telah melakukan penyaluran bantuan bedah rumah di Kelurahan Ngroto, Kecamatan Cepu. Sedangkan yang diserahkan secara simbolis hari ini baru akan dilakukan besok hari Minggu (25/7/2021).

Pihaknya berterimakasih atas partisipasi dari ASN di Kabupaten Blora dalam berzakat maupun infaq.

“Bahwa bantuan Baznas ini uangnya dari ASN yang ada di Blora dan kami yang mengelola. Diantaranya kami salurkan untuk Bapak Ibu yang menerima bedah rumah ini,” jelas Nur Rokhim.

“Semoga zakatnya ASN yang ada di Blora ini menjadi zakat yang diridhoi  oleh Allah SWT,” pungkas Wakil Ketua Baznas Blora.

Untuk diketahui, para penerima antara lain Sri Mujiatun mendapatkan bantuan senilai 16,8 Juta Rupiah, Winardi senilai 16,5 Juta Rupiah dan Musyafa senilai Rp 15 juta.

Sri Mujiatun (52) warga Kelurahan Ngawen, Kecamatan Ngawen yang pada pagi itu menerima bantuan bedah rumah dari Baznas Kabupaten Blora mengatakan bahwa saat ini dirinya bertempat tinggal bersama dengan seorang anak perempuannya.

Sebelumnya, ia sehari-hari menyambung hidup dengan berjualan gorengan yang dititipkan di warung-warung sekitar. Namun kini dengan situasi pandemi ini dirinya tak lagi berjualan, sehingga sehari-hari ia dibantu anaknya untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Sri bersyukur, karena telah memperoleh bantuan bedah rumah tersebut. Ia berharap agar nantinya dengan bantuan tersebut, Ia dan anaknya dapat hidup lebih layak, imbuhnya.

“Alhamdulillah, saya bersyukur bisa mendapat bantuan bedah rumah ini. Terimakasih Baznas dan Pemkab Blora, rumah bantuan yang akan kami tempati ini nanti akan kami rawat dengan baik” ucap Sri.

Penyerahan bantuan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dann diikuti oleh peserta terbatas. Turut hadir dalam penyerahan tersebut Kepala Desa Trembulejo dan Lurah Ngawen, Kecamatan Ngawen.

Kudnadi