blank
WBP Lapas Kelas IIB Brebes saat mengikuti vaksinasi Covid-19 di aula Lapas. Foto: Dok/ist

BREBES (SUARABARU.ID) – Bersama Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Brebes menggelar program vaksinasi untuk warga binaan pemasyarakatan (WBP), Kamis (22/7/2021).

Kegiatan yang berlangsung di aula Lapas Kelas IIB Brebes tersebut diikuti 186 WBP yang merupakan vaksin tahap pertama.

Kepala Lapas Kelas IIB Brebes, Isnawan mengatakan, vaksinasi ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Menteri Hukum dan HAM untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di lingkungan Lapas, dan membentuk herd imunity.

“Sasarannya untuk 186 orang warga binaan. Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama dengan Kodim 0713 Brebes dan Dinas Kesehatan Brebes sebagai bentuk dukungan agar Indonesia bebas dari Covid-19,” ujarnya.

Menurut Isnawan, jumlah keseluruhan warga binaan di Lapas Brebes sendiri ada 267 orang. Namun dari jumlah tersebut yang bisa mengikuti vaksin hanya 186 orang, sesuai aturan pusat yang memiliki Nomer Induk Kependudukan (NIK) Brebes.

Pihaknya berharap, bagi WBP yang tidak memiliki NIK Brebes nantinya tetap bisa mendapatkan vaksin.

“Terkait kendala ini, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, dan ini sedang diupayakan agar warga binaan yang tidak memiliki NIK Brebes tetap bisa divaksin,” terangnya.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr. Rudi Pangarsani Utami menyampaikan, terkait kendala tersebut, pihaknya dalam waktu dekat akan mengusulkan kepada Kementerian Kesehatan, supaya warga binaan yang tidak memiliki NIK Brebes bisa divaksin.

Ning