blank
Sejumlah lansia sedang mengantri giliran untuk vaksin.(FOTO:SB/Sp)

KENDAL(SUARABARU.ID)– Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal melaksanakan vaksinasi tahap kedua bagi para lansia di Desa Pucangrejo Kecamatan Gemuh, Rabu (21/07/2021).

Kegiatan yang digelar di halaman rumah Kepala Desa Pucangrejo tersebut diikuti sekitar 70 lansia.

Koordinator Tim Medis dari Puskesmas Gemuh II, dr Anita mengatakan, pada pelaksanaan vaksin tahap kedua ini, masyarakat lansia Pucangrejo khususnya, sangat antusias sekali. Mereka langsung hadir dan mengikuti vaksinasi ini.

Menurut dr Anita, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi tahap dua ini, adalah skrining. Pada pelaksanaan skrining ini, ada beberapa yang tidak bisa hadir dikarenakan sakit.

“Tapi alhamdulillah, yang sudah hadir dalam kondisi sehat dan bisa mengikuti vaksinasi,” katanya.

Kepala Desa Pucangrejo, Agus Riyanto mengatakan, vaksinasi ini sengaja digelar di rumahnya, karena untuk mempermudah para lansia di desanya.

“Kami juga melakukan antar-jemput ke rumah-rumah bapak/ibu yang jaraknya jauh. Sehingga mereka tidak merasa kesulitan mengikuti kegiatan vaksinasi ini,” ujarnya.

Agus Riyanto mengaku, dalam pelaksanaan vaksinasi ini masyarakat sangat antusias dan datangnya juga lebih awal.

“Mereka kami berikan pemahaman dan pendekatan secara bertahap tentang vaksinasi. Jadi secara sukarela para lansia mau datang,” tutur Agus.

Selaian itu, menurut Agus Riyanto, para lansia juga diberikan makanan dan minuman oleh pihak desa.

“Ya biar bapak dan ibu betah saya berikan beliau-beliau tempat nyaman dan kami suguhkan makanan ringan dalam pelaksanaan vaksinasi ini,” imbuh Agus.

Salah seorang peserta vaksinasi, Sunari merasa lega karena sudah mengikuti dua kali vaksinasi ini.

“Saya lega mengikuti vaksinasi tahap dua ini. Tahap pertama kemarin, tidak ada kendala dan tidak ada efeknya. Semoga tahap dua ini juga sama tidak efeknya,” pungkasnya. Sp