blank
Bupati Kebumen Arif Sugiyanto memotong hewan kurban 10 ekor sapi pada Idul Adha 2021 ini.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Di Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 Bupati Kebumen Arif Sugiyanto melaksanakan ibadah kurban memotong 10 ekor sapi.

Hewan kurban itu dibeli dari peternak lokal selanjutnya dibagikan ke berbagai titik, seperti di masjid, pondok pesantren, Rumah Tahanan (Rutan) Kebumen dan masyarakat.

Bupati menuturkan, kurban tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan pada masa PPKM Darurat. Pemotongannya tidak dilakukan di satu titik, namun disebar di berbagai tempat.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa menjalankan ibadah kurban dengan memotong 10 sapi. Sapi-sapi ini kita sebar atau didisitribusikan ke berbagai tempat, seperti pondok pesantren, masjid, lalu ada juga di rutan Kebumen dan disebar ke masyarakat,”ujar Arif Sugiyanto di Pendopo, Senin (19/7/2021) malam.

blank
Bupati Arif Sugiyanto membeli sapi lokal untuk hewan kurban tahun ini,(Foto:SB/Ist)

Berhubung masih berada di masa pandemi Covid-19, Bupati memastikan hewan kurban yang terdistribusi tersebut terbebas dari penyakit, atau dalam kondisi sehat.

Saat ditanya soal sumber anggaran, Arif Sugiyanto menyatakan, setiap tahun sapi kurban tersebut merupakan pembelian dari kantong pribadi. Tidak ada anggaran dari pemerintahan.

“Kami membeli dengan dana pribadi. Tidak ada anggaran negara yang terpakai untuk ini, dan tentunya sudah kami cek kondisinya, sudah ada surat sehat dari dinas terkait,”jelasnya.

Berdayakan Peternak Kebumen

Untuk memberdayakan masyarakat lokal, semua sapi yang dikurbankan dibeli Bupati dari peternak asli Kebumen. Sapi-sapi tersebut bisa dipastikan  dalam kondisi sehat serta telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

“Semua sapi ini kita beli dari peternak lokal, asli Kebumen. Banyak masyarakat kita yang memang penghidupannya bekerja sebagai peternak,”tuturnya.

Bupati juga mengimbau pelaksanaan Salat Idul Adha 2021  dilaksanakan di rumah masing-masing. Tidak dilaksanakan di masjid atau di lapangan. Pemotongan hewan kurbannya juga harus mengedepankan protokol kesehatan.

Demikian pula pendistribuannya, jangan dibagikan dengan menggundang banyak orang. Biar panitia yang mengantar daging ke rumah-rumah warga, dan tetap menjalankan prokes.

Pada hari H, Arif Sugiyanto bersama keluarga melaksanakan Salat Idul Adha di kompleks Pendopo Rumah Dinas Jalan Mayjen Sutoyo 1, Kebumen.

Komper Wardopo