blank
Jadon Sancho/dok

(SUARABARU.ID) – Harga selangit bukan jaminan bisa langsung menyumbang prestasi. Itulah peringatan buat Manchester United (MU) selepas mendatangkan Jadon Sancho.

The Red Devils dan Borussia Dortmund telah mencapai kesepakatan untuk transfer Sancho pada 1 Juli 2021. Harga yang disepakati adalah 73 juta pound.

Sancho digadang-gadang bisa mengangkat Setan Merah ke level yang lebih tinggi. MU gagal meraih trofi sejak ditinggalkan manajer legendaris Sir Alex Ferguson pada 2013.

Jadon bakal mengisi sektor yang musim lalu dianggap paling butuh perbaikan, yakni  sayap kanan. Bersama Dortmund, winger 21 tahun ini menghasilkan 50 gol dan 64 asis dalam 137 laga.

Namun, Sancho harus dirawat dengan baik. Jika terlalu dibebani, kemampuan terbaiknya malah akan sulit keluar.

Memberi beban terlalu besar padanya berpotensi menghambat perkembangan pemain kelahiran London itu. Ingat, kasus yang pernah menimpa Memphis Depay.

Jose Mourinho, mantan manajer MU yang kini melatih AS Roma, menuturkan kehadiran Sancho bisa mempengaruhi perkembangan penyerang muda Mason Greenwood.

Sebelumnya, Greenwood (19) diberi banyak kesempatan bermain oleh manajer Ole Gunnar Solskjaer. Dari total 65 pertandingan, dia mencetak 17 gol.

‘’Ini semua terkait banyaknya menit bermain. Yang diberi jatah lebih banyak otomatis punya peluang lebih untuk berkembang,’’ ungkap Mourinho.

Sancho merupakan pemain sayap murni. Sementara Greenwood bisa menjadi striker atau bermain melebar.

rr