blank
Seorang anak dengan tenang mengikuti vaksinasi yang dilakukan personel TNI AU Sam Ratulangi, Manado. Foto: dok/ist

MANADO (SUARABARU.ID)- Sebanyak 3.493 warga telah divaksinasi oleh personel TNI AU Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, guna pencegahan covid-19. Jumlah itu dipastikan bertambah, setelah dalam dua hari ini, Sabtu-Minggu (17-18/7/2021) juga dilakukan vaksinasi.

Kegiatan vaksinasi kali ini diikuti warga sekitar pangkalan, dan dilakukan di Gedung Balai Prajurit, tepatnya di belakang Kantor Satuan Polisi Militer TNI AU Lanud Sam Ratulangi.

”Antusiasme masyarakat Sulut terhadap program pemerintah ini sangatlah tinggi,” ujar Kepala Dinas Personel Lanud Sam Ratulangi, Kolonel Adm Darwis Akmal P, seperti dalam rilisnya, Sabtu (17/7/2021).

BACA JUGA: Polres Kebumen Imbau PKL Taati PPKM Darurat Sembari Bagikan Beras

blank
Masyarakat sekitar Pangkalan Udara Sam Ratulangi, Manado, antusias untuk mengikuti vaksinasi massal. Foto: dok/ist

Sementara itu, Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado, Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo SH menambahkan, kegiatan vaksinasi itu merupakan bagian dari tugas TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Menurut dia, kegiatan ini juga berdasarkan Keputusan Presiden RI Joko Widodo, dan hasil rapat terbatas tentang percepatan vaksinasi di seluruh provinsi. Dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pun telah memerintahkan seluruh kesatuannya untuk membantu melakukan vaksinasi di wilayah masing-masing.

Secara berjenjang, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, juga telah memerintahkan satuan-satuan TNI AU, untuk melaksanakan, menyiapkan tempat, maupun vaksinator, fasilitas serta sarana prasarana pendukung lainnya, untuk keperluan vaksinasi.

BACA JUGA: RS Darurat Covid-19 Donohudan Beroperasi Dua Pekan Lagi

Selanjutnya, Pangkoopsau II Marsekal Muda TNI Minggit Tribowo, menginstruksikan seluruh Lanud di jajaran Koopsau II, salah satunya Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Mando, untuk juga menggelar vaksinasi, setelah sebelumnya juga melaksanakan hal yang sama pada awal Juli lalu.

”Penekanan pemerintah agar kita pedomani, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Lanud Sam Ratulangi senantiasa berkoordinasi dengan instansi Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dalam kegiatan ini,” ujar Komandan Lanud Sam Ratulangi Manado, Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo SH.

Kegiatan vaksinasi ini juga dipantau secara virtual oleh Panglima TNI dan jajaran, serta pejabat TNI AU lainnya, melalui video conference.

Riyan