blank

SEMARANG (SUARABARU) –Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) lolos seleksi program Kredensial Mikro Mahasiswa Indonesia (KMMI) untuk 200 peserta.

Program ini merupakan program dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya mendukung program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM).

Prodi Ilmu Komunikasi UNISSULA dengan demikian akan menjadi penyelenggara short course yang bisa diikuti mahasiswa seluruh Indonesia. Program KMMI ini bertujuan untuk lebih mendekatkan kemampuan mahasiswa dengan kebutuhan dunia kerja.

Prodi Ilmu Komunikasi UNISSULA lolos dengan membawa program course Digital Virtual Public Speaking. Keterampilan public speaking secara  virtual saat ini sangat dibutuhkan oleh mahasiswa di era digital.

Berbagai ketrampilan baru harus dikuasai oleh mahasiwa tidak hanya secara tatap muka namun juga menggunakan platform digital virtual.

Melalui program ini diharapkan nantinya akan membantu meningkatkan ketrampilan mahasiswa dan mengembangkan potensi diri melalui kemampuan digital virtual public speaking.

Peserta akan dipandu dan diajarkan bagaimana melakukan presentasi atau berbicara di depan umum yang tepat, mulai dari pengenalan diri melalui personal mapping, dan memahami mengapa perlu memiliki kemampuan public speaking.

Peserta juga akan mempelajari tahap persiapan pidato, tahap penyusunan pidato, hingga evaluasi. Di samping itu, mahasiswa juga akan dilatih untuk menguasai teknik-teknik berbicara, cara bersuara, mengatasi kecemasan komunikasi dan teknik grooming agar dalam aktivitas public speaking melalui platform digital virtual mampu dilaksanakan secara efektif.

Program ini juga menggandeng mitra dari CEO Comunicasting Academy, Founder dan Co Founder Akademi Data Indonesia. Kemampuan Public Speaking sangat dibutuhkan ketika memasuki dunia kerja, ketika kemampuan public speakingnya bagus pasti akan memberikan nilai lebih kepada mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja.

“Oleh karena itu prodi Ilkom FBIK UNISSULA menawarkan course yang mampu  meningkatkan soft skill mahasiswa” ujar Made Dwi Adnjani dosen Prodi Ilkom yang terlibat dalam penyusunan program.

Menurutnya program ini akan sangat meningkatkan kompetensi  mahasiswa karena didukung oleh pengajar yang memiliki pengalaman di dunia broadcasting dan advertising, sehingga mahasiswa peserta course ini akan siap memasuki dunia kerja, maupun ketika akan mengikuti uji sertifikasi kompetensi karena course ini disesuaikan dengan standar kompetensi kerja nasional Indonesia (SKKNI).

Selain itu, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Urip Mulyadi menambahkan bahwa kunci keberhasilan program ini adalah kolaborasi dan membangun sinergitas dengan beberapa pihak.  “Course ini mendapat dukungan penuh dari pihak universitas dan pihak mitra, sinergitas harus dibangun agar program ini dapat berjalan dengan baik.

Pada prinsipinya ini sama dengan perkuliahan biasa dengan 16 kali tatap muka, hanya saja rentang waktunya diperpendek menjadi dua bulan saja dan menjadi bagian dari implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” terangnya

“KMMI ini ditujukan kepada mahasiswa dari lintas disiplin ilmu, dan juga lintas kampus sehingga bagi mahasiswa yang ingin menambah kemampuan soft skill melalui kemampuan berbicara di depan umum melalui tatap muka maupun ruang virtual, silakan bergabung untuk mendaftar di https://kmmi.kemdikbud.go.id/mhs yang dibuka mulai tanggal 16 sampai 26 Juli 2021, “ imbuh Irfan Rahmana selaku Ketua penanggung jawab program KMMI UNISSULA.

MdA