blank
Warga bersiap-siap melakukan penyemprotan disinfektan, tadi. Foto: eko

KOTA MUNGKID(SUARABARU.ID)-Menyikapi angka kasus Covid-19 yang terus bertambah, Karang Taruna Desa Sidomulyo, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang berinisiatif melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah titik pemukiman warga dan jalan raya, hari ini Selasa 13 Juli 2021.

Koordinator kegiatan, Tatak Nurpratiknyo, menuturkan, kegiatan itu dilakukan oleh Karang Taruna Sidomulyo, bersama masyarakat setempat dan dibantu satu unit Pemadam Kebakaran Kecamatan Tegalrejo. Kegiatan itu didanai secara mandiri tanpa ada campur tangan dari Pemdes Sidomulyo. Masyarakat Sidomulyo bersama Karang Taruna Sidomulyo tetap bersemangat dalam menginisiasi dan menjalankan kegiatan yang diberi sebutan program “Jogo Tonggo” itu.

Tak lain guna meningkatkan kebersihan lingkungan yang merupakan salah satu bentuk pencegahan penularan Covid-19.
Penyemprotan disinfektan dilakukan mulai dari jalan raya, masjid, mushala hingga rumah-rumah warga Sidomulyo. Di sela-sela kegiatan itu sekaligus menyosialisasikan “3M” kepada para warga. Yakni rajin memakai masker, sering mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak.

Disebutkan, bak gayung bersambut, warga Sidomulyo pun menyambut baik atas berlangsungnya kegiatan itu. Apalagi penyemprotan disinfektan itu merupakan awal dari rangkaian kegiatan tersebut.

Menurut rencana akan dilanjutkan dengan check-up kesehatan untuk warga Sidomulyo yang akan dilaksanakan Jumat 15 Juli 2021. “Check up kesehatan itu gratis, akan dilakukan secara door to door mulai dari Dusun Sidomulyo 1 dan 2. Kami melibatkan dokter dan tenaga medis untuk agenda kegiatan itu,” jelasnya.

Ditambahkan, tujuan dari kegiatan itu agar masyarakat Sidomulyo sadar 3M, dan menjaga kebersihan. Karena sebenarnya merupakan hal sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan.

Manfaat yang bisa diambil dari kegiatan itu, masyarakat harus tanggap dalam menyikapi lonjakan kasus penularan Covid-19 tanpa mengandalkan siapa pun atau pihak mana pun. Di masa seperti ini, budaya gotong royong dan saling support adalah yang terpenting. Terlepas dari perdebatan di luar sana tentang pandemi, kita wajib waspada untuk menjaga kesehatan diri masing-masing dan lingkungan.

“Takut adalah hal yang wajar karena kita manusia, namun jangan berlebihan. Karena rasa takut yang berlebihan akan berpengaruh buruk pada imunitas tubuh. Beranikan diri, tanamkan mindset yang baik, patuhi protokol kesehatan dan tak lupa minta perlindungan kepada Yang Maha Kuasa.
Semoga pandemi segera berlalu, sehat selalu saudara-saudaraku,” katanya.

Eko Priyono