blank
Deputy Store Manager Informa Javamal Semarang, Eko Prasetyo Nugroho. Foto: Dok/ist

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejak diberlakukannya PPKM Darurat Jawa-Bali mulai 3-20 Juli 2021, seluruh mal dilarang beroperasi. Hal itu untuk memutus penyebaran Covid-19 yang angkanya masih tinggi.

Dalam mengantisipasi penjualan agar tetap jalan, Informa Java Mal Semarang menerapkan penjualan melalui online.

Deputy Store Manager Informa Javamal Semarang, Eko Prasetyo Nugroho menyampaikan, supaya penjualan tetap berjalan, Informa Javamal Semarang menerapkan penjualan via online.

Penjualan online tersebut sebelumnya sudah diinformasikan melalui akun media sosial (medsos). Mulai tanggal 2 Juli malam, pihaknya sudah update postingan baik di instagram, facebook, tiktok, dan WA status, serta blasting chat ke semua kontak WA data base customer loyal yang dimilikinya.

“Sejak 2 Juli malam, kami sudah update postingan melalui instagram, facebook, tiktok, dan WA status, serta blasting chat ke semua kontak WA data base customer loyal kami,” kata Eko kepada Suarabaru.id, Minggu (11/7/2021).

Sebelumnya, pihaknya juga memasang banner external di area mal, untuk memberitahukan perubahan pelayanan belanja sementara menjadi online, dengan jam pelayanan Senin sampai Minggu dari jam 11.00-18.00 WIB, dimana semua komunikasi online dipusatkan melalui chatting whatsapp di nomor 087836303321 atau klik link bit.ly/WAINFORMAJAVAMALL.

Menurutnya, tidak dipungkiri dalam masa PPKM Darurat ini pihaknya mengalami penurunan omset harian. “Sales kami mengalami penurunan karena hanya mengandalkan penjualan online saja. Berbeda saat ada traffic atau customer yang masuk ke store. Namun kami terus berupaya sebisa mungkin tetap mendapatkan sales yang tinggi setiap harinya,” ujàr Eko.

“Namun, minat customer sangat terlihat saat kami rutin dan aktif mengupload dan membuat postingan produk atau tips and trick di medsos, saat menghadapi masa PPKM ini,” imbuhnya.

“Minat, antusias dan respon customer-customer loyal via online menjadi meningkat. Bàhkan beberapa diantaranya langsung merespon dengan memberi komentar dan menghubungi kami via WA,” sebutnya.

Sementara untuk mendongkrak pembelian, strategi yang dilakukan Informa adalah dengan memberi kemudahan pelayanan dan proses berbelanja serta transaksinya.

Pihaknya menyediakan fitur ‘virtual shopping journey’, dimana customer bisa membuat janji dengan admin chat store untuk melakukan video call, dan memilih produk yang diinginkan. Karena saat ini hanya bisa melayani transaksi via online, strategi yang dilakukan adalah memberi kemudahan pelayanan dan kemudahan proses belanja serta transaksinya.

“Kami menyediakan fitur ‘virtual shopping journey’ dimana customer bisa membuat janji dengan admin chat store kami, untuk melakukan video call. Customer bisa memilih produk yang diinginkan,” tukasnya.

Selanjutnya untuk kemudahan transaksinya, pihaknya menyediakan fitur pembayaran cashless tanpa ribet yang bisa dilakukan dengan mudah oleh para customer, antara lain pembayaran via transfer virtual account dari seluruh bank tanpa adanya tambahan biaya administrasi.

“Adapula fitur cicilan 0% untuk pengguna kartu kredit BCA, BRI, BNI, Mandiri & CIMB Niaga dengan tenor minimal 3 bulan hingga 24 bulan. Untuk customer yang ingin belanja banyak namun ada kendala pembayaran, atau ingin cicilan tetapi tidak mempunyai kartu kredit, kami menyediakan jasa cicilan tanpa kartu kredit dengan Dana Kini by Informa yang sudah terdaftar di OJK, dengan cicilan mudah, bunga ringan, dan bisa diproses dari rumah,” pungkas dia.

Ning