blank
Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu SIK MH(memegang megaphone) tengah mengajukan pertanyaan kepada pengendara mobil yang memasuki wilayah Klaten  dari arah Yogyakarta ketika memimpin operasi penyekatan dalam rangka PPKM Darurat di Pospam Prambanan setempat, Jumat ( 9/7). Foto: dok/Polres Klt

KLATEN (SUARABARU.ID) – Petugas Polres Klaten memutar balik arah puluhan kendaraan bermotor (KBM) roda empat dan dua yang datang dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), sesaat hendak memasuki wilayah Jawa Tengah (Jateng).

Langkah petugas , menyusul berlangsungnya penyekatan dalam rangka PPKM Darurat yang digelar di Pospam Prambanan Klaten.

“Sasaran penyekatan adalah para pengendara atau pekerja yang tidak masuk dalam sektor esensial dan kritikal. Juga ditujukan kepada pengendara yang tidak bisa menunjukkan sertifikat vaksin, surat keterangan kerja dan swab akan diputar balik kembali ke arah Yogyakarta,” kata Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu SIK MH ketika memimpin operasi penyekatan dalam rangka PPKM Darurat yang digelar di Pospam Prambanan setempat, Jumat ( 9/7).

Kegiatan penyekatan dalam rangka PPKM Darurat yang dilakukan lanjut AKBP Edy Suranta Sitepu SIK MH bertujuan menekan laju penyebaran covid-19 khususnya di wilayah Kab. Klaten. Meningkatnya angka konfirmasi positif covid 19 ditengarai, salah satunya akibat tingginya mobilitas orang dan kendaraan.

Kepada masyarakat diminta menaati aturan pemerintah dalam PPKM Darurat ini. Juga diimbau tetap disiplin menerapkan 5 M di antaranya tetap di rumah, tidak bepergian kecuali untuk urusan yang mendesak. “Yang kita lakukan demi keselamatan warga masyarakat Klaten,” tandas Kapolres.

Secara terpisah dari Subag Humas Polres Klaten diperoleh keterangan ,  petugas gabungan mulai melakukan penyekatan pukul 07.00 hingga pukul 10.00 Wib. Sejumlah kendaraan yang melintasi perbatasan Jateng dan DIY itu dihentikan dan ada diantaranya yang diminta diputar balik oleh petugas. Tercatat 286 kbm  yang diperiksa. Dari jumlah itu  sebanyak 97 kendaraan terdiri 49 Kbm pribadi, 21 Kbm barang dan 27 sepeda motor diputar balik arah.

Bagus Adji