blank
Daniel Ricciardo/dok

(SUARABARU.ID) – Seri Formula 1 (F1) Grand Prix (GP) Australia 2021 akhirnya dibatalkan. Pandemi Covid-19 kembali jadi penyebabnya.
Pembatalan ini menjadi yang kedua dalam dua tahun beruntun setelah tahun lalu juga dibatalkan karena alasan yang sama. MotoGP Australia pun gagal diputar.
Australian Grand Prix Corporation (AGPC) bersama Pemerintah Victoria dan Formula 1 mengumumkan GP Australia 2021 dibatalkan lantaran pembatasan dan kendala logistik akibat pandemi Covid-19.
GP Australia diharapkan bisa kembali pada 2022 selepas kali terakhir digelar pada 2019 yang dimenangi Valtteri Bottas.
AGPC bersama Pemerintah Victoria dan Formula 1 akan berkoordinasi lagi mengenai tanggal yang tepat untuk menggelar balapan.
GP Australia sedianya bakal digelar pada 19-21 November yang merupakan seri ke-21 dari 23 balapan. F1 akan mencari sirkuit pengganti agar jumlah balapan yang ada musim ini tetap sama.
Batalnya GP Australia juga disesali pembalap McLaren yang berasal dari Negeri Kanguru, Daniel Ricciardo. Dia berharap bisa kembali berlomba di kandang sendiri tahun depan.
‘’Sungguh kekecewaan besar bagi seluruh pembalap karena kami tak bisa tampil pada GP Austrlaia. Kendati begitu, kami memahami alasan-alasan pembatalan ini,’’ ungkap Ricciardo.
Dia mengaku rindu untuk kembali membalap di rumah sendiri. Mantan driver Red Bull itu berharap tahun depan situasinya lebih baik.
‘’Kami ingin melihat lagi fans yang luar biasa di Albert Park, dan memberikan pertunjukan yang bagus untuk mereka,’’ tandas Ricciardo.
F1 2021 sudah menuntaskan sembilan balapan. Seri berikutnya adalah GP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 18 Juli.
rr