blank
Warga beraktivitas di dapur umum Desa Girikulon, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, untuk menyiapkan makanan bagi penderita covid-19, yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Foto: dok/ist

MAGELANG (SUARABARU.ID)– Warga Desa Girikulon, Secang, Kabupaten Magelang, secara gotong royong, mendirikan dapur umum untuk membantu memenuhi kebutuhan makan bagi penderita covid-19, yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Koordinator dapur umum Desa Girikulon, Ana Rosita di Magelang, Kamis (8/7/2021) mengatakan, dapur umum ini didirikan untuk meringankan beban penderita covid-19 selama masa pemulihan, dengan menjalani isolasi mandiri.

Setiap hari di dapur umum Desa Girikulon baik perangkat desa maupun warga, sibuk memasak makanan, yang nantinya dikirim kepada warga yang menjalani isolasi mandiri.

BACA JUGA: PPKM Darurat, 3.000 PKL di Kebumen Terima BLT Rp 750 Ribu

Ana menyampaikan, bahan makanan yang dimasak itu dibeli dengan menggunakan Dana Desa dan partisipasi warga. Disebutkannya, setiap hari dapur umum membuat 70 nasi bungkus. Selain dibagikan kepada penderita covid-19, juga dibagikan kepada keluarganya meskipun dinyatakan negatif.

Perangkat Desa Girikulon, Tito Sardi menyampaikan, di wilayahnya saat ini terdapat 32 warga yang dinyatakan positif covid-19, dan masih menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 39 warga lainnya sudah dinyatakan sembuh.

Pihaknya juga telah memberikan pemahaman kepada masyarakat, untuk tidak menggelar kegiatan yang menyebabkan kerumunan. ”Terlebih kepada warga yang positif, agar bisa menahan diri untuk tidak berinteraksi dulu dengan warga lain, sehingga bisa menekan kasus penyebaran covid-19,” harap dia.

Riyan