blank
Wakil Bupati Wonosobo M Albar ketika melakukan monitoring di Puskesmas Garung. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Persediaan tabung oksigen di beberapa Puskesmas di daerah Wonosobo belakangan ini mulai mengalami kelangkaan sejak terjadi lonjakan peningkatan warga yang terpapar Covid-19.

Kelangkaan tabung oksigen ditemukan saat Wakil Bupati Wonosobo M Albar melalukan monitoring di Puskesmas Garung, Puskesmas Kejajar 1 dan Puskesmas Kejajar 2, Kamis (08/07/2021).

Pemantauan tersebut dilakukan dalam rangka melihat secara langsung pelayanan kesehatan umum maupun pasien Covid-19 di Puskesmas, baik dari segi fasilitas maupun sumber daya manusia (SDM) yang ada.

“Hampir semua Puskesmas di Wonosobo mengeluhkan kelangkaan tabung oksigen di masa gelombang ketiga pandemi global Covid-19. Ini tentu menjadi kendala khususnya bagi Puskesmas Rawat Inap,” ujar Wakil Bupati yang akrab disapa Gus Albar itu.

blank
Wakil Bupati Wonosobo M Albar ketika berada di Puskesmas Kejajar 1. Foto : SB/Muharno Zarka

Masalah Nasional

M Albar menegaskan permasalahan ini harus secepatnya diselesaikan, agar tidak menjadi kendala yang meluas. Harus segera dikoordinasikan dengan instansi terkait, untuk diupayakan ketersediaan tabung oksigen.

“Saat ini, saya akui kelangkaan tabung oksigen tersebut bukan hanya terjadi di Wonosobo saja. Namun juga dialami menyeluruh hampir di semua fasilitas kesehatan secara nasional,” paparnya.

Sementara itu, pihak Puskesmas sendiri telah menyampaikan kelangkaan tabung oksigen tersebut dan sudah melakukan koordinasikan intens bersama dinas terkait, dengan harapan bisa segera ada solusi terbaik demi keselamatan pasien.

Selain monitoring pelayanan dan fasilitas kesehatan, kunjungan Wakil Bupati tersebut sekaligus untuk memantau progres pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kecamatan Kejajar untuk menekan penyebaran dan penularan virus Corona di masyarakat.

Muharno Zarka-Mul