blank
Tim SAR gabungan berupaya mengevakuasi korban longsor di kawasan penambangan Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Foto: antara

TEMANGGUNG (SUARABARU.ID)– Kawasan penambangan galian C di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Ngadirejo, Kabupaten Temanggung, longsor, yang mengakibatkan seorang korban tewas.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Temanggung, Totok Nursetyanto, di Temanggung, Minggu (4/7/2021) mengatakan, korban meninggal atas nama Tumini (63), warga Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo.

Dia menyampaikan kronologi kejadian, korban akan nyelep (menggiling) batu (split) sekitar pukul 10.30 WIB. Namun tiba-tiba lereng di lokasi penambangan longsor dan menimpa korban.

BACA JUGA: 65 Petugas di Bandara Djalaludin Gorontalo Positif Covid-19

”Berdasarkan keterangan warga, di atas lereng itu memang ada aliran air, dan saat itu lereng mengeluarkan air kemudian jebol, dan terjadilah longsor yang menimpa korban,” katanya.

Tebing yang longsor itu bukan hanya berupa pasir dan tanah, tetapi juga batu-batu berukuran besar. Begitu mengetahui longsor, masyarakat bersama tim SAR gabungan, antara lain dari TNI, Polri, BPBD, dan sejumlah relawan, melakukan pencarian korban.

”Dalam pencarian korban yang tertimbun longsor, tidak ada kendala yang berarti. Cukup dilakukan dengan peralatan manual, dan korban ditemukan sudah dalam keadaan meninggal,” tukas dia.

Ant-Riyan